Terganjal Izin, Duel PSKC Vs Persib di Piala Indonesia 2018 Urung Digelar

Pertandingan babak 128 besar Piala Indonesia 2018 yang mempertemukan PSKC Cimahi kontra Persib Bandung di Stadion Wiradadaha, Kota Tasikmalaya, Rabu (4/7/2018) dipastikan ditunda. Tak mendapatkan izin dari pihak kepolisian menjadi alasannya.

Manajer PSKC, Patriana Purwa, mengatakan pihaknya beserta panpel pertandingan sudah berusaha agar laga tersebut bisa digelar sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Namun, pihak kepolisian Kota Tasikmalaya tidak bisa memberikan izin penyelenggaraan pertandingan lantaran bertepatan dengan agenda KPU dalam rangka rapat pleno penghitungan suara hasil Pilkada Jawa Barat.

“Kecewa tentu saja karena persiapan untuk melawan Persib sudah sangat matang. Bahkan coach Robby Darwis sudah ada di Tasik mempersiapkan tim untuk pertandingan. Tapi, apa mau dikata, jadwal yang diberikan PSSI berbarengan dengan agenda KPU dalam Pilkada sehingga pihak kepolisian tidak bisa memberikan izin,” ujar Patriana, Selasa (3/7/2018).

Patriana hanya berharap PSSI bisa lebih bijak dalam menanggapi situasi yang terjadi di Kota Tasikmalaya. Pasalnya, kondisi ini murni bukan kesalahan dari pihak PSKC sebagai tuan rumah.

“Kami sangat berambisi untuk bisa memberikan perlawanan kepada Persib, karena kami selaku tim juara liga 3 zona Jawa Barat, sangat yakin bisa memberikan kejutan kepada Persib,” tegasnya.

Di sisi lain, media officer Persib, Irfan Suryadiredja, membenarkan laga melawan PSKC tak jadi digelar. Pihaknya akan menyerahkan sepenuhnya kepada PSSI selaku penyelenggara Piala Indonesia 2018.

“Untuk statusnya apakah ini dijadwal ulang atau bagaimana, kami belum tahu dan itu dikembalikan kepada PSSI. Yang pasti, karena tidak adanya izin keramaian dari kepolisian. Saya belum tahu masalah teknisnya, tapi intinya karena izin dari Polisi tidak ada,” jelas Irfan.

PIC Piala Indonesia 2018, Dessy Aprianto, mengaku sudah mendapatkan laporan sesuai hasil match coordination meeting, laga yang mempertemukan PSKC kontra Persib tidak mendapatkan izin dari pihak kepolisian setempat.

“Karena pada hari yang bersamaan pertandingan di Kota Tasikmalaya ada agenda nasional rekapitulasi penghitungan suara, kami bisa memahami dari PSSI mengenai hal tersebut, termasuk kami sudah secara faktual melihat persiapan panpel sudah maksimal, kemudian kami secara faktual tim Persib sudah di sini dan melakukan official training juga,” tuturnya.

Namun, pihaknya mengaku belum bisa memberikan penjelasan lebih lanjut terkait jadwal baru yang mempertemukan PSKC menjamu Persib.

“PSSI yang tentukan berdasarkan report kami. PSSI nanti akan tindaklanjuti segala kemungkinan akan me-reschedule pertandingan ini. Mudah-mudahan secepatnya ada keputusan. Tidak mudah me-reschedule karena banyak faktor, salah satunya jadwal Persib di Liga 1,” imbuh Dessy.