Tinggalkan Rusia, 2 Bocah Indonesia Bawa Pengalaman Unik dari F4F

Wakil Indonesia, Muhammad Raffa Rolly Cassilas Yasin dan Alfonso Hutabarat, mengapresiasi pengalaman mengikuti Football for Friendship (F4F) di Rusia.

Muhammad Raffa bermain sebagai kiper untuk tim Grizzly Bear dan mengikuti Friendship International Championship melawan 31 tim lain. Dia satu tim dengan bocah lain dari Kosovo, Eritrea, Ghana, Qatar, dan Guyana.

Meski beberapa kali melakukan penyelamatan di kualifikasi, Muhammad Raffa gagal membawa timnya lolos ke perempat final karena produktivitas gol.

“Saya sangat bahagia mendapat kesempatan mewakili Indonesia di F4F. Program ini membantu saya memiliki banyak teman dari berbagai negara,” kata Raffa, pada rilis yang diterima Liputan6.com.

“Pengalaman ini membantu saya berkembang dalam usaha menjadi lebih baik lagi. Saya belajar banyak dari momen ini. Semoga saya bisa terus menjalin komunikasi dengan teman-teman baru,” sambungnya.

Selain ambil bagian di Friendship International Championship, Raffa juga berpartisipasi pada upacara pembukaan Piala Dunia 2018. Dia membawa Bendera Merah Putih serta menyaksikan Rusia mengalahkan Arab Saudi 5-0 di Stadion Luzhniki, Moskow, 14 Juni lalu.

Sementara Alfonso berperan sebagai jurnalis cilik dan melaporkan aktivitas F4F. Dia mempromosikan sembilan nilai F4F ke seluruh dunia yakni persahabatan, kesetaraan, keadilan, kesehatan, perdamaian, pengabdian, kemenangan, tradisi, dan kehormatan.

Di Rusia, Alfonso berkesempatan belajar dari jurnalis olahraga media setempat dan mengikuti pelatihan. Dia juga menulis untuk koran F4F yang terbit setiap hari.

“Kami bangga dengan partisipasi Muhammad Raffa Rolly Cassilas dan Alfonso Hutabarat di F4F. Kami yakin anak-anak ini sudah menjadi duta besar yang baik dan menyebarkan nilai-nilai F4F kepada teman serta keluarga di Indonesia,” ungkap Sektretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria.

F4F tahun ini berlangsung 8 hingga 15 Juni 2018. Bekerja sama dengan Gazprom, FIFA mulai menggelar program sejak 2013. Awalnya F4F hanya diikuti delapan negara.

Namun, tiap tahunnya jumlah negara peserta berlipat. Setelah diikuti 64 negara pada 2017, 211 negara berpartisipasi pada F4F. Baru tahun ini Indonesia ambil bagian.

loading...