PSSI Coret Kanjuruhan FC dari Liga 3 Zona Jatim

Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jawa Timur mencoret salah satu klub dari 49 peserta Liga 3 Zona Jawa Timur, yakni Kanjuruhan FC. Klub asal Malang yang sebelumnya berada di Grup D tersebut didiskualifikasi dari kompetisi lantaran melakukan beberapa kali pelanggaran.

Sanksi berat tersebut dijatuhkan pada rapat Komisi Disiplin PSSI yang digelar pada 5 Juni 2018 lalu. Kanjuruhan FC dinyatakan melanggar pasal 56 Kode Displin PSSI, sehingga dijatuhkan sanksi sesuai dengan ketentuan Pasal 11 dan Pasal 25 Kode Disiplin PSSI.

Pasalnya, Komisi Disiplin Asprov PSSI Jatim telah mengantongi bukti bahwa Kanjuruhan FC menggunakan pemain tidak sah dalam dua laga pada putaran pertama Liga 3, yakni saat melawan PSIL Lumajang, 11 April 2018 dan Persekabpas Pasuruan 18 April 2018 lalu.

Ketua Komdis Asprov PSSI Jatim Anthony LJ Ratag mengatakan, pihaknya menerapkan pemberatan sanksi sesuai ketentuan Pasal 41 Kode Disiplin PSSI karena terjadi pengulangan pelanggaran.

Sehingga tak hanya didiskualifikasi dari Liga 3, namun Kanjuruhan FC juga dilarang mengikuti kompetisi yang sama pada musim 2019 mendatang.

“Kami berikan sanksi tegas kepada Kanjuruhan FC karena dengan sengaja melakukan pengulangan pelanggaran. Sanksi ini sebagai pembelajaran bagi klub-klub yang mencoba dengan sengaja untuk melakukan pelanggaran. Supaya ke depan hal seperti ini tidak terjadi lagi,” katanya.

Sementara itu, anggota Komdis Asprov PSSI Jatim Nurtjahyo menambahkan, dua ofisial Kanjuruhan FC yakni Gianto dan Feri Uyun juga mendapatkan sanksi. Keduanya mendapat hukuman larangan beraktivitas di sepak bola selama enam bulan sejak sanksi dijatuhkan.

Pasalnya, keduanya dianggap terlibat dengan sengaja atas penggunaan pemain yang belum mendapatkan pengesahan dari Asprov PSSI Jatim dalam dua laga itu.

“Gianto ini mengaku tidak tahu menahu soal pemain yang dimainkan. Tapi itu terkesan tidak masuk akal. Sementara Uyun mengakui kalau dia yang sengaja menurunkan pemain itu karena kekurangan pemain,” ungkapnya.

Sebelumnya, Kanjuruhan FC berada di peringkat ke lima klasemen sementara dengan raihan enam poin pada putaran pertama Grup D Liga 3 Zona Jawa Timur 2018. Kanjuruhan FC berada di grup D bersama Persekabpas Kab Pasuruan, PSIL Lumajang, Probolinggo United, Jember United, Putra Jombang, dan Kresna FC Surabaya.

liga88
loading...