Luis Milla Ungkap Alasan Tak Panggil Evan Dimas saat Hadapi Korsel

Luis Milla tak memasukkan Evan Dimas ketika Timnas Indonesia U-23 menghadapi Korea Selatan U-23 dalam laga ujicoba yang berlangsung pada hari Sabtu (23/6). Ia mengatakan tak memasukkan pemain tersebut karena kompetisi di Malaysia tengah berjalan.

Luis Milla memberikan kesempatan kepada Nelson Alom untuk menempati posisi Evan Dimas saat menghadapi Korsel U-23. Setelah itu, pada babak kedua pelatih asal Spanyol itu menarik keluar gelandang Persebaya Surabaya itu dan memasukkan Zulfiandi.

Tidak hadirnya Evan Dimas dalam laga uji coba tersebut menimbulkan pertanyaan apakah mantan kapten Timnas Indonesia U-19 itu akan tersingkir dari skuat Timnas Indonesia U-23 untuk Asian Games 2018. Namun, Luis Milla membantah anggapan tersebut.

“Pemain seperti Evan Dimas dan Ilham Udin kemarin tidak kami panggil karena kompetisi di Malaysia sedang berjalan. Mereka sudah masuk ke semifinal Piala FA Malaysia. Bagi saya itu bukan menjadi masalah dan justru bagus bagi mereka untuk tetap berkompetisi karena memang itu yang dibutuhkan oleh pemain muda,” ujar Luis Milla saat berdikusi di Kantor Kemenpora, Jakarta, Minggu (24/6/2018) sore.

Kompetisi di Malaysia memang tetap berjalan ketika kompetisi di Indonesia libur karena Idulfitiri 2018. Selangor FA, tim Evan Dimas dan Ilham Udin berkarier di Malaysia, memainkan pertandingan Liga Super Malaysia pada 10 dan 19 Juni 2018 yang membuat Evan Dimas tak bisa terlalu lama menikmati momen Idulfitri bersama keluarga.

Selain itu, Selangor FA juga harus menjalani leg pertama semifinal Piala FA Malaysia menghadapi PKNS pada Sabtu (23/6/2018), tepat ketika Timnas Indonesia U-23 menjalani laga uji coba kontra Korsel U-23.

Menghadapi Korea Selatan, Timnas Indonesia U-23 mengalami kekalahan 1-2. Kekalahan tersebut memperpanjang laju Indonesia yang tak pernah menang di tujuh laga terakhir. Lebih dari itu, Indonesia hanya mampu mencetak tiga gol dari tujuh laga yang dijalani tersebut.