Bambang Pamungkas Menyentil Pernyataan Manajer Persib

Pemain Persija Jakarta, Bambang Pamungkas, memberikan respons terhadap pernyataan manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar, yang menyebut Macan Kemayoran takut bertemu dengan Persib dan menganjurkan untuk menyerah saja.

Respons Bepe, sapaan karib Bambang Pamungkas, terhadap pernyataan Umuh Muchtar secara lengkap tertuang dalam tulisan terbarunya di blog pribadinya dengan judul “Persija vs Persib, Bukan Laga Klasik”.

Dalam tulisannya, Bepe secara lengkap mengungkapkan pendapat dengan data mengapa laga Persija kontra Persib tak layak disebut laga klasik.

Selain menyebut dan menjelaskan secara gamblang pendapatnya, laga Persib kontra PSMS adalah laga klasik yang sesungguhnya, serta tidak layaknya Persija dan Persib disebut sebagai rival berikut penjelasan mengenai jomplangnya catatan 16 kemenangan berbanding 6 kemenangan di antara kedua tim, Bepe juga merespons pernyataan Umuh, yang baru-baru ini menyebut Persija takut menghadapi Persib sehingga menggelar harus bermain di PTIK

“Dengan fakta-fakta di atas, tanpa mengurangi rasa hormat kepada siapa pun, rasanya kok saya tidak melihat adanya alasan mengapa Persija Jakarta, terlebih lagi saya, harus takut untuk bertemu dengan Persib Bandung, seperti apa yang disampaikan oleh manajer mereka, Pak Umuh Muchtar di media. Komentar yang rasanya dilontarkan tanpa dipikirkan lebih dulu,” tulis Bepe.

“Lebih memalukan lagi (jika memang benar) Pak Umuh berkata ‘sebaiknya Persija menyerah saja’, masa iya tim sehebat Persib mengharap kemenangan secara gratis? Komentar yang menurut saya mendegradasi kebesaran Persib Bandung. Menurut hemat saya, yang perlu dipertanyakan malah keengganan Persib Bandung untuk tampil di Jakarta,” lanjutnya.

Bambang Pamungkas juga memuji komposisi pemain Persib dan menyatakan seharusnya Maung Bandung datang ke Jakarta dengan kepercayaan diri yang tinggi. Ia pun menegaskan seharusnya Persib tak perlu khawatir dengan teror dari penonton ketika bermain di Stadion PTIK.

“Komposisi pemain Persib musim ini boleh dikatakan menjadi satu yang terbaik di Indonesia. Peringkat sementara Persib juga lebih baik dari Persija. Hal tersebut membuat Persib ‘seharusnya’ dapat bertandang ke Jakarta dengan kepercayaan diri yang tinggi. Kapasitas Stadion PTIK yang sangat kecil, sudah pasti tak akan mampu menandingi atmosfer luar biasa GBLA seperti saat Persib menjamu kami. Artinya, ‘semestinya’ tim setangguh Persib juga tidak perlu khawatir dengan teror penonton, wong hanya 1.500 orang,” ujar Bepe.

“Lagipula, sudah empat tahun lho Persib tidak bertamu ke Jakarta, apakah Persib tidak kangen dengan suasana ibu kota? Seperti kami yang selalu kangen dan menunggu untuk dapat kembali tampil di depan pencinta sepak bola Bandung yang terkenal fanatis dan militan. Bukankah sahabat sejati sebaiknya saling mengunjungi, tidak hanya ingin dikunjungi?” tutup icon Persija itu dalam blog pribadinya.

Bambang Pamungkas dkk. akan menjamu Persib Bandung di Stadion PTIK, Jakarta, pada 30 Juni 2018. Laga ini merupakan laga tunda setelah seharusnya laga tersebut digelar 28 April lalu, tetapi batal lantaran tak mendapatkan rekomendasi dari kepolisian mengingat berdekatan dengan Hari Buruh Internasional yang jatuh pada 1 Mei.