Timnas Indonesia U-16 Bidik 2 Uji Coba Jelang Piala AFF

Pelatih kepala Timnas Indonesia U-16 Fakhri Husaini mengagendakan dua kali uji coba melawan tim berkualitas sebelum tampil di Piala AFF U-16 2018.

Fachri mengungkapkan, dua agenda uji coba ini bertujuan untuk mengukur kekuatan timnya serta mengevaluasi kekurangan timnya. “Dari situlah saya akan perbaiki kelemahan dan kekurangan Timnas U-16 sebelum tampil di Piala AFF,” paparnya.

Agenda uji coba timnas sebetulnya bukan hanya dua kali selama menjalani latihan terpusat di Sidoarjo. Menurut Fakhri, setidaknya ia membutuhkan uji coba sekali dalam setiap pekan lawan tim lokal.

Dengan catatan, kondisi timnya sudah kembali seperti sebelum libur panjang baik kondisi fisiknya maupun aspek lainnya. “Mungkin mulai pekan depan. Kalau tidak ada lawan, kami akan mainkan game internal dengan membaginya menjadi dua tim,” terang Fakhri.

Serangkaian uji coba tersebut juga dimaksudkan untuk menentukan 23 pemain yang akan didaftarkan saat entry by name. Saat ini, masih ada 27 pemain yang sedang mengikuti pemusatan latihan. Artinya, akan ada empat pemain yang tidak disertakan saat entry by name.

“Saya mendapat kabar entry by name-nya 6 Juli nanti. Masih ada waktu bagi saya untuk melihat dengan cermat siapa yang akan saya daftarkan dan tidak,” jelas Fakhri .

Namun sebelum menentukan nama-nama pemain yang akan ia daftarkan, Fakhri tak menutup pintu seleksi bagi pemain berkualitas yang belum terpantau. Dengan catatan, pemain tersebut merupakan rekomendasi dari seorang pelatih, bukan orang tua pemain.

Menurut Fakhri, pelatih lebih objektif dalam melihat potensi pemain dibanding orang tua. Hanya saja, Fakhri tidak akan langsung memberikan kesempatan pada mereka untuk bergabung dengan tim yang sudah ada, melainkan melalui mekanisme seleksi tersendiri.

“Pada prinsipnya saya tidak membuka seleksi lagi. Tapi kalau ada pemain yang benar-benar berkualitas di luar sana, saya akan beri kesempatan. Pemain yang direkomendasi pelatih harus benar-benar bisa dipertanggungjawabkan,” jabar Fakhri.

Timnas Indonesia U-16 akan tampil pada Piala AFF yang digelar di Jawa Timur, 29 Juli-11 Agustus.

loading...