Perkuat Sisi Mental, Timnas Indonesia U-19 Mendatangkan Motivator

Timnas Indonesia U-19 terus bersiap secara intensif dalam pemusatan latihan (TC) tahap kedua sebelum terjun ajang Piala AFF U-18 2018 di Jawa Timur, 1-15 Juli 2018. Tak hanya mematangkan dari segi teknik dan kualitas permainan, pelatih Indra Sjafri juga mematangkan aspek mental pemain.

Hal tersebut terlihat saat tim pelatih Timnas Indonesia U-19 meliburkan latihan dan menerima kedatangan motivator, Ary Ginanjar, di Hotel Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta, tempat tim menginap, Jumat (22/6/2018).

Syahrian Abimanyu dkk. mendapat pembekalan materi tentang ESQ (Emotional Spiritual Quotient).

“Saya hanya membantu sedikit sebagai seorang motivator karena coach Indra sudah menyiapkan dalam hal skill, taktik, dan strategi. Terutama bagaimana pemain tahu dasar-dasar mental pemain kelas dunia itu seperti apa. Itu yang kami berikan dalam sesi ini,” kata Ary Ginanjar.

Indra Sjafri menjelaskan sepak bola tidak hanya soal teknik dan taktik untuk menggapai kemenangan dan kesuksesan. Menurutnya, ada empat komponen yang harus dimiliki pemain, yakni skill sepak bola, kemampuan taktikal, aspek fisik, dan mentalitas.

“Mental ini yang harus kami imbangi, jangan hanya tiga item saja. Untuk itu, Pak Ary sebagai pakarnya, saya minta beliau untuk tangani anak-anak dari sisi mental,” tutur Indra.

Mantan pelatih Bali United itu menyebut kelas semacam ini tidak hanya dalam rangkaian persiapan menghadapi Piala AFF U-18. Namun, tim pelatih juga menyiapkan agenda serupa menuju Piala AFC U-19, Oktober 2018.

“Nanti akan kami rancang acara seperti ini secara berkala. Jadi, saat Timnas Indonesia U-19 menuju Piala AFC, pemain juga mendapatkan sesi penguatan mental,” tegasnya.