Para Pelatih yang Jadi Korban Keganasan Liga 1 2018

Liga 1 2018 boleh dibilang sangat ketat. Namun efek biasnya hal tersebut membuat beberapa nama jadi korban, termasuk pelatih yang sudah kehilangan kursinya sejauh ini.

Pelatih memang acap dijadikan kambing hitam setiap kali tim yang diasuhnya mengalami keterpurukan. Mereka akhirnya harus rela dipecat alias diberhentikan karena dinilai tak sanggup naikkan moril tim.

Padahal, Liga 1 2018 baru berjalan total 13 pekan, atau belum setengahnya. Kompetisi kali ini diakui sangat ketat. Bahkan, beda antara peringkat satu yang dihuni PSM Makassar dengan PSIS Semarang di dasar klasemen cuma 10 poin saja.

Arema FC, Joko Susilo, Rudy Eka Priyambada, PS TIRA, Madura United, Milomir Seslija
Nasib Milo di Madura United belum juga jelas (Anggi PRaditha/Kaltim Post)
Sekecil apapun kesalahan memang fatal akibatnya. Berikut pelatih yang menjadi korban kejamnya Liga 1 musim ini:

Joko Susilo

Joko Susilo jadi korban pertama yang dilengserkan dari posisi pelatih. Gethuk, sapaan akrabnya, bercerai dengan Arema FC usai gagal memenuhi ekspetasi.

Bersamanya, Arema bahkan sempat terjerembab di zona merah. Alhasil, posisinya digantikan oleh Milan Petrovic yang sebelumnya jadi asisten Gethuk.

Rudy Eka Priyambada

Rudy Eka juga jadi nama yang tercelat dari posisi pelatih. Dia diberhentikan oleh PS TIRA usai serangkaian hasil minor di Liga 1 2018.

Pemberhentian Rudy sendiri akibat PS TIRA kalah dua laga beruntun, yakni takluk 1-4 dari Persela Lamongan, dan 0-1 oleh Perseru Serui. Hasil itu membuat PS TIRA masuk zona merah dengan duduk di urutan ke-16.

Milomir Seslija

Datang menggantikan Gomes de Oliveira yang mundur jelang kompetisi 2018, Milo diyakini tak sesuai ekspetasi manajemen. Nasibnya memang belum diputuskan, tapi MU memilih untuk sementara mengistirahatkan eks arsitek Persiba Balikpapan itu.

Hal tersebut dilakukan setelah dalam tiga laga terakhir, tim berjuluk Laskar Sape Kerab itu memang mengalami masalah. Mereka harus menelan dua kekalahan, dan sekali imbang, termasuk dihantam Persipura Jayapura enam gol tanpa balas.