Lima Klub Belum Bisa Menuai Kemenangan Tandang Di Liga 1 2018

Liga 1 2018 sedang memasuki masa jeda, setelah menuntaskan pekan ke-13 pada akhir pekan ini. PSM Makassar sementara ini menjadi pemuncak klasemen dengan 24 poin dari 13 laga yang telah dijalani.

Diikuti Barito Putera (23 poin) dan Persela Lamongan (20 poin) di peringkat kedua dan ketiga. Persaingan ketat juga terjadi di zona degradasi, lantaran selisih poin antarklub hanya berbeda tipis.

Bahkan, tiga klub yang berada di zona degradasi yaitu Persebaya Surabaya (peringkat 16), Perseru Serui (peringkat 17), dan PSIS Semarang (peringkat 18) sama-sama mengoleksi 14 poin. Bedanya, Persebaya baru menjalani 11 pertandingan, Perseru 12 laga, dan PSIS sudah melakoni 13 pertandingan.

Dari catatan yang ada, mayoritas tim sulit ditaklukkan ketika bermain di kandang sendiri. Hingga saat ini, masih ada delapan tim yang belum terkalahkan di kandang. Mereka adalah Barito Putera, Persela Lamongan, Sriwijaya FC, Persipura Jayapura, Bhayangkara FC, Madura United, Borneo FC, dan Arema FC.

Sementara itu, rataan kemenangan tim di partai tandang masih sangat sedikit. Meski begitu, dari data yang ada, cuma lima klub yang masih belum mengecap manisnya kemenangan dalam laga tandang pada musim ini. Mereka adalah Persipura, Bali United, Mitra Kukar, PSMS Medan, dan PSIS Semarang.

Bicara soal gol, Barito Putera dan Persela menjadi tim yang tersubur hingga pekan ke-13, setelah masing-masing klub mampu mencetak 23 gol. Klub yang paling sedikit kebobolan adalah Perseru dengan delapan gol, tapi mereka juga yang menjadi tim paling minim dalam produktivitas gol lantaran baru melesakkan lima gol ke gawang lawan.

Sementara itu, Liga 1 baru akan bergulir kembali pada 30 Juni nanti. Pada tanggal itu, langsung mempertemukan dua klub rival Persija Jakarta kontra Persib Bandung. Namun untuk venue pertandingan masih belum bisa dipastikan.