Tepis Isu Konflik, Ini Penyebab Keluarnya Pelatih Kiper Arema Asal Brasil

Arema FC berusaha menepis anggapan terkait isu yang menyebutkan adanya konflik internal di jajaran kepelatihan. Hal itu mencuat, setelah keluarnya Felipe Ricardo Navarro Dos Passos, yang selama ini menjadi pelatih di posisi penjaga gawang Arema FC.

Kebersamaan dengan pelatih asal Brasil itu ternyata hanya sampai tiga bulan saja, setelah bergabung sejak awal Maret silam.

Banyak kabar yang menyebut, dipecatnya Ricardo dari posisi pelatih kiper akibat ketidakcocokan dengan Milan Petrovic, yang kini memimpin staf kepelatihan Arema FC.

“Tidak cocok dalam bahasa mungkin,” ucap Media Officer tim, Sudarmaji sembari bercanda.

Meski terkesan bercanda, ucapan itu bisa jadi merupakan awal dari keluarnya Ricardo. Eks Pelatih Kiper klub Santos FC itu selama ini hanya bisa menggunakan Bahasa Inggris seadanya, dan lebih banyak memberi instruksi kepada Kurniawan Kartika Aji dkk dengan Bahasa Portugis, yang biasa digunakan di Brasil.

“Tidaklah. Murni karena aspek teknis yang kurang terpenuhi, seperti harapan manajemen kepada dia,” imbuh Sudarmaji.

Pertimbangan secara teknis terutama komunikasi, juga tidak dibantah oleh Milan Petrovic. Tak hanya bahasa, juru taktik kebangsaan Serbia itu menyiratkan adanya ketidaksesuaian metode kepelatihan seperti yang sedang diusungnya untuk membenahi Arema FC.

Milan menyebut pelatih kipernya itu sedang tidak dalam berada dalam fokus yang tinggi, karena diterpa masalah pribadi dengan keluarganya.

“Dia punya masalah keluarga dalam dua bulan terakhir. Apa pun itu, selalu mengecewakan jika ada masalah keluarga yang dihadapi,” beber Milan.

“Dia bicara tentang kemungkinan memutus kontrak, dan saya menganalisanya. Baik lah tidak masalah, saya sekarang tidak punya pelatih kiper dan akan belajar hal baru ke depan,” pungkasnya.