Tak Diacuhkan Luis Milla Sepanjang 2018, Fachrudin Tetap Kejar Peluang Tampil di Asian Games

Bek tengah senior Fachrudin Aryanto sempat menjadi salah satu pemain yang paling dipercaya oleh pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla.

Sebagaimana data yang didapat BolaSport.com dari Labbola, Fachrudin 8 kali dipercaya dalam laga internasional Timnas Senior dan Timnas U-23 Indonesia selama 2017.

Jumlah itu adalah yang terbanyak di antara seluruh pemain senior yang pernah dipanggil Milla tahun lalu. Pemain 29 tahun itu selalu dipercaya sebagai starter di pos jantung pertahanan.

Namun, Milla seperti tak mengacuhkan Fachrudin untuk laga Timnas U-23 Indonesia selepas Tahun Baru. Ia cuma dipanggil saat menghadapi Timnas Islandia pada medio Januari.

Lelaki asal Klaten ini tak pernah lagi dipanggil saat Garuda Muda melawan Singapura, di ajang PSSI Anniversary Cup 2018, hingga sepasang laga persahabatan melawan Timnas U-23 Thailand.

Milla lebih memilih memanggil pemain senior semacam Lerby Eliandry, Ilija Spasojevic, Andritany Ardhiyasa, Riko Simanjuntak, Victor Igbonefo, hingga Beto Goncalves.

Sang pelatih memanggil total 5 bek tengah dalam 6 laga internasional Timnas U-23 Indonesia pada 2018, yakni Hansamu Yama, Andi Setyo, Bagas Adi Nugroho, Rachmat Irianto, serta Igbonefo.

Adapun Ricky Fajrin dipasang sebagai pendamping Hansamu di laga kedua kontra Timnas U-23 Thailand di Stadion Pakansari, Minggu (3/6/2018).

Kendati seperti dilewatkan oleh Milla, Fachrudin tetap menyimpan asa menjadi salah satu dari tiga pilar senior Tim Merah Putih untuk Asian Games 2018.

“Saya selalu punya harapan untuk dipanggil ke timnas menuju Asian Games,” katanya kepada BolaSport.com usai memperkuat Madura United dalam laga kotra Bhayangkara FC di Stadion PTIK, Jakarta, Kamis (7/6/2018).

Melihat komposisi jantung pertahanan yang diturunkan Milla dalam beberapa laga terkini Timnas U-23 Indonesia, Fachrudin masih punya peluang.

Sang pelatih seperti masih terus mencoba sejumlah pemain untuk mendampingi Hansamu.

Andi Setyo tak pernah betul-betul meyakinkan Milla, Bagas Adi tengah mengalami penurunan bersama Arema FC, Rachmat dipanggil cuma sebagai bagian dari proses regenerasi, sementara Ricky lebih diutamakan untuk pos bek kiri bersama Rezaldi Hehanussa.

Igbonefo memang tampil baik di laga pertama kontra Timnas U-23 Thailand hingga menerima pujian dari asisten pelatih lawan kala itu.

Namun, pemain naturalisasi ini tak bisa dibilang unggul sepenuhnya atas Fachrudin.

“Yang penting selalu kerja keras di tim. Kalau di tim bisa tampil bagus, InsyaAllah dipanggil ke timnas,” tutur Fachrudin, eks Sriwijaya FC yang sudah membela Timnas Indonesia sejak 2012 tersebut.