Rafael Berges Tepis Anggapan Mitra Kukar Bergantung pada Fernando Rodriguez

Fernando Rodriguez kembali menjadi aktor pencetak gol bagi Mitra Kukar. Dia kembali menyumbang sebiji gol saat timnya berjumpa Persela Lamongan di Stadion Surajaya, Lamongan, Kamis malam (8/6/2018).

Namun, laga pekan ke-13 Gojek Liga 1 bersama Bukalapak ini berakhir dengan skor 3-1 untuk Persela. Gol Rodriguez yang dicetak lewat titik putih pada menit ke-21 berhasil dibalas tiga gol pemain Persela lewat Loris Arnaud (50′) dan Saddil Ramdani (52′ dan 88′).

Penampilan yang ditunjukkan Rodriguez semakin menunjukkan dia menjadi ujung tombak utama andalan Mitra Kukar. Dari 17 gol yang berhasil dicetak Mitra Kukar, 10 di antaranya merupakan kreasi striker asal Spanyol itu.

Meski begitu, pelatih Mitra Kukar, Rafael Berges, menolak anggapan timnya terlalu bergantung pada Rodriguez. Baginya, Bayu Pradana cs. selama ini bermain secara tim dan menunjukkan kekompakan.

“Saya pikir, kami punya banyak pemain bagus, dan Fernando (Rodriguez) satu di antaranya. Sekarang, Fernando bisa bermain bagus dan mencetak gol. Tapi, saya tidak suka berbicara tentang satu pemain. Ini adalah kerja sama tim,” ujar pelatih asal Spanyol itu.

Selama ini Mitra Kukar memang tidak mendapat jaminan akan menang saat Rodriguez mencetak gol. Sebelum melawan Persela, tim Naga Mekes pernah kalah 1-3 dari PSM meski dia mencetak gol (6/5/2018).

Striker Mitra Kukar, Fernando Rodríguez, tampak kecewa usai gagal membobol gawang Bhayangkara FC pada laga Liga 1 di Stadion PTIK, Jakarta, Kamis (17/5/2018). Bhayangkara FC menang 1-0 atas Mitra Kukar. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)
Mitra Kukar juga sempat meraih kemenangan saat Rodriguez absen. Itu terjadi karena dia terkena akumulasi kartu melawan Perseru Serui dan Mitra Kukar berhasil menang dua gol tanpa balas (1/6/2018).

“Kami pernah menang tanpa dia. Jadi, tidak ada alasan jelas untuk menganggap kami bergantung padanya. Kami sering bermain bagus, tapi kadang kehilangan permainan beberapa menit saja dan kalah,” imbuh pelatih 47 tahun itu.

Namun, tim Naga Mekes punya pola menarik terkait gol Rodriguez. Saat striker 31 tahun itu berhasil mencetak dua gol dalam satu laga, Mitra Kukar selalu terhindar dari kekalahan.

Hal itu sudah terjadi empat kali saat bertemu Arema FC (24/3/2018), Madura United (13/4/2018), Persebaya Surabaya (29/4/2018), dan Bali United (11/5/2018). Hasil dari empat pertandingan itu, Mitra Kukar tiga kali menang dan sekali imbang.