Jadi Andalan Baru di Timnas U-19, Begini Ungkapan Jebolan Liga 3

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri memutuskan memanggil pemain baru di posisi bek tengah, Muhammad Firli dari klub Liga 3, Bogor FC untuk mengisi pos yang ditinggal Rachmat Irianto yang cedera. Firli bahkan sudah menjalani debut dan selalu menjadi starter di dua laga uji coba pekan lalu melawan Persis Solo dan PSS Sleman.

Indra Sjafri menjelaskan jika sengaja memasang Firli sejak awal karena memang ingin melihat kualitas yang dimiliki eks Persikad Depok tersebut. 

Pelatih asal Padang, Sumatera Barat itu memang sedang mencari pemain dengan kualitas yang sepadan untuk menggantikan Rachmat Irianto yang kemungkinan besar tidak dibawa ke Piala AFF Juli nanti.

“Saya ingin memastikan saja, karena Firli ini memang punya kualitas yang pantas maka kami berikan kesempatan. Saya ingin memastikan itu saja, termasuk ada beberapa pemain seperti Rafi dari Barito Putera juga saya ingin memastikan dia apakah pantas untuk ke skuat kami,” jelas Indra Sjafri.

Di sisi lain, meski laga debutnya di Timnas U-19 berakhir dengan dua kekalahan (kalah 0-3 dari Persis Solo dan 0-2 dari PSS Sleman), Firli tak berkecil hati. Ia justru bangga bisa mendapat kesempatan berlatih bersama skuat Garuda Nusantara.

Apalagi, selama pemusatan latihan Firli tidak banyak mengalami kesulitan dan dapat beradaptasi dengan cepat.  

“Ya rasanya senang, gak sangka juga awalnya bisa dipanggil Timnas apalagi sampai dikasih kesempatan sebagai starter selama dua kali uji coba,” buka Firli.

“Gak ada kesulitan kalau adaptasi, sama saja seperti biasa saat di klub. Yang penting menyesuaikan sama teman-teman karena banyak yang awalnya baru kenal,” tutupnya.

Selain Firli,  Indra Sjafri lantas mencoba sejumlah pemain baru yang dipanggil seperti M Iqbal Baihaqi, Al Risqy Dwi Pradana, M Firli, Julyano Pratama, dan Kadek Raditya. Sayangnya, mantan pelatih Bali United itu belum sempat menurunkan pemain anyar milik Persib Bandung, Indra Mustofa sehingga membuatnya masih penasaran.