FFI Kesulitan Penuhi Standar Venue Kejuaraan Antarklub Futsal Asia 2018

Federasi Futsal Indonesia (FFI) dibuat kelimpungan dengan standar venue yang ditetapkan AFC untuk Kejuaraan Antarklub Futsal Asia 2018. Seperti diketahui, ajang yang akan diikuti 16 klub futsal terbaik Asia itu akan digelar di Yogyakarta, 1-12 Agustus mendatang.

Sebenarnya, FFI sudah menyiapkan dua venue untuk kejuaraan tersebut. Dua venue itu adalah GOR Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan GOR Among Rogo.

Yang membuat FFI kesulitan adalah terkait penambahan single seat di dalam venue tersebut. “Single seat itu harus paten dan nantinya tak dijual untuk umum. Kalau di UNY dari kapasitas 5000 sudah terpasang 1.350 single seat, sedangkan di Among Rogo cuma 150 single seat. Sementara kalau kami mau menambah single seat, venue itu bukan punya kami dan harus melalui prosedur macam-macam. Itu yang paling berat,” kata Edhi Prasetyo, sekretaris jenderal FFI.

Edhi menambahkan, pihaknya menjadi semakin kelimpungan lantaran waktu penyelenggaraan hanya tersisa kurang dari dua bulan lagi. Sedangkan kalau dipindah ke Jakarta, hanya satu venue yang layak yaitu di Istora Senayan. Belum lagi, FFI juga masih dipusingkan terkait penyediaan hotel tempat para peserta dan delegasi AFC menginap. Pasalnya, hingga saat ini hotel yang menjadi standar untuk event tersebut di Yogyakarta masih belum diblok agar tak dipesan pihak lain.

“Kita kan maunya jadi tuan rumah kejuaraan ini untuk mengincar menjadi tuan rumah Piala Asia Futsal 2020. Tapi begitu AFC melakukan standarisasi baru terhadap venue, agak sakit perut kita,” tutur Edhi, dengan nada sedikit bercanda.

Lebih lanjut, Edhi menuturkan, untuk penyelenggaraan Piala AFF Futsal 2018, pihaknya tak mengalami kendala. Itu lantaran standar yang ditetapkan tak seperti Kejuaraan Antarklub Futsal Asia. Piala AFF Futsal 2018 rencananya akan digelar November nanti di Jakarta.

liga88
loading...