Ikut Program F4F, 2 Bocah Cilik Indonesia Berangkat ke Rusia

Duta cilik Indonesia, Muhammad Raffa Rolly Cassilas Yasin dan Alfonso Hutabarat, terus mempersiapkan diri menghadapi Football for Friendship (F4F). Raffa akan berpartisipasi dalam turnamen. Sementara Alfonso menjadi jurnalis cilik.

Meski ajang bergulir pada 8-15 Juni, kedua anak ini bakal terbang ke Rusia lebih cepat untuk beradaptasi. Terutama Raffa yang harus beraklimitasi dengan iklim dan rekan setim.

Raffa bergabung dengan Grizzly Bear, salah satu dari 32 tim yang bertanding di Friendship International Championship.

Bocah asal Tangerang ini mulai menjajal si kulit bundar pada usia enam tahun. Dia menjadi kiper sesuai namanya.

Uniknya, Raffa bukan penggemar Real Madrid, klub yang membesarkan nama Casillas. Pemain Firman Utina Football Academy ini justru mendukung musuh bebuyutan Los Blancos, Barcelona.

“Di masa depan saya ingin masuk membela Villa 2000 Football Club dan Persija Jakarta,” tuturnya.

Sementara Alfonso akan melaporkan aktivitas F4F. Dia bakal mempromosikan sembilan nilai F4F ke seluruh dunia yakni persahabatan, kesetaraan, keadilan, kesehatan, perdamaian, pengabdian, kemenangan, tradisi, dan kehormatan.

Partisipasi Alfonso tidak lepas dai keluarga. Ayahnya merupakan wartawan olahraga. Penggemar Manchester United, Alfonso mengidolakan David De Gea. Dia juga menyukai bintang Real Madrid Cristiano Ronaldo dan winger Chelsea Eden Hazard.

Program F4F
Bekerja sama dengan Gazprom, FIFA mulai menggelar F4F sejak 2013. Awalnya program ini hanya diikuti delapan negara.

Namun, tiap tahunnya jumlah negara peserta berlipat. Setelah diikuti 64 negara pada 2017, 211 negara berpartisipasi pada F4F. Baru tahun ini Indonesia ambil bagian.