Jika Bermarkas di Stadion Wilis, Persis Solo Siap Bolak-Balik

Persis Solo sempat melontarkan wacana menetap di kota lokasi markas baru tim, seiring renovasi Stadion Manahan pertengahan tahun ini. Konsep homebase diharapkan dapat merangkul stakeholder di kota tujuan untuk ikut mendukung Laskar Sambernyawa. Namun ide tersebut akhirnya batal terealisasi lantaran pertimbangan finansial.

Sejauh ini markas baru M. Wahyu dkk. mengerucut ke Stadion Wilis, Madiun. Stadion tersebut menjadi alternatif pertama karena memiliki kapasitas mirip Stadion Manahan, sekitar 25.000 orang. Pengelola Stadion Wilis dikabarkan terbuka dengan keinginan Persis. Namun hingga kini Persis masih menunggu arahan direksi pusat terkait kepastian kandang sementara di sisa musim.

Manajer Persis, B.M. Anjasmara, membenarkan Stadion Wilis menjadi pilihan terbaik setelah keinginan Persis bermarkas di Stadion Sriwedari tak direstui pihak keamanan. Namun apabila tim jadi bermarkas di Stadion Wilis, Anjas memastikan Johan Yoga dkk. tak akan ber-homebase atau menetap di Madiun. Anjas menyebut pembengkakan anggaran berpotensi muncul apabila Persis memakai Stadion Wilis sebagai homebase.

“Memang dulu ada rencana menetap di Madiun untuk menggaet warga lokal dan pihak terkait. Namun setelah dihitung, pembengkakan dana untuk akomodasi dan sebagainya bisa sangat besar,” ujar Anjas saat berbincang dengan Solopos.com, Minggu (3/6/2018).

Keputusan tak mengadopsi sistem homebase makin kuat setelah melihat jadwal pertandingan Persis. PT Liga Indonesia Baru (LIB) rata-rata menyusun jadwal dengan sistem dua kali kandang dan dua kali tandang secara beruntun. Artinya, tak efektif apabila tim harus menetap di kota baru nantinya.

“Jadi kami akan balik ke Solo setelah bertanding di kota markas baru nanti,” ucap Anjas.

Bek sayap Persis, Iqbal Samad, tak menampik para suporter dan pemain akan berada di situasi sulit apabila tim bermarkas di Madiun. Ini karena waktu tempuh Madiun-Solo yang hampir tiga jam. Namun eks pemain PSM Makassar itu meyakini suporter Persis akan tetap mendukung tim di manapun berada. “Saya tahu loyalitas Pasoepati dan Surakartans,” ujarnya.

liga88
loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*