Demi Perdamaian, Bobotoh dan Jakmania Lakukan Aksi Memukau di Bekasi

Rivalitas antara supporter Persija Jakarta (The Jakmania) dan Persib Bandung (Bobotoh) memang sudah berlarut-larut panjang. Kedua supporter itu dikenal kerap bertikai dan tidak memiliki hubungan yang baik.

Sudah banyak korban berjatuhan dari rivalitas kedua supporter itu. Bahkan, karena hubungan yang tidak rukun itu tak jarang membuat nyawa melayang.

Berbagai cara sudah dilakukan untuk bisa melerai pertikaian kedua supporter tersebut. Namun, hingga saat belum menemui titik terang.

Baru-baru ini, sekolompok orang di Bekasi berhasil menyatukan kedua supporter itu dalam satu kegiatan bersama. Kegiatan berbagi takjil dan buka puasa bersama di depan Stadion Patriot dilakukan untuk menyatukan semua element supporter yang ada di Bekasi, termasuk Bobotoh dan The Jamania. 

Menurut salah satu koordinator kegiatan tersebut, Dicky mengungkapkan jika aksi itu dilakukan sebagai ajang silaturahmi dari semua kelompok supporter yang ada di Bekasi. Selain itu, ia ingin melihat supporter Persija dan Persib Bandung bisa bersatu.

“Intinya sih ingin menjaga silaturahmi di perbatasan khususnya kawasan Bekasi. Ingin menjadi contoh kota yang bisa membaur semua element suporter club dari manapun.

“Bobotoh dan Jakmania sebagian dari kami yakin tidak ingin semuanya bermusuhan. Kami berharap di kota kota lain juga bisa mengikuti jejak kami meskipun masih bertahap,” ujar Dicky saat dihubungi INDOSPORT. 

Dicky menambahkan jika dirinya tak ingin berlarut-larut melihat pertikaian yang terjadi antara supporter. Ia ingin menyebarkan virus perdamaian antar supporter di seluruh Indonesia.  

“Karna bagaimanapun juga di perbatasan pasti banyak semua element suporter. Dan ingin semua itu nyaman dan damai. Insyallah kita bisa sebarkan terus virus perdamaian.

“Mungkin perdamaian saat ini dianggap minoritas, tapi kami yakin suatu saat nanti perdamaian bisa menjadi mayoritas,” tambahnya.

Sebelumnya, mereka juga telah berhasil menyatukan para pendukung Persija dan Persib dalam aksi 1000 lilin dalam mengenang tragedy bentrok supporter yang mengakibatkan nyawa salah satu pendukung Persib, yakni Riko melayang.

“Alhamdulillah dulu pernah mengadakan aksi 1000 lilin belasungkawa atas meninggalnya Riko (Bobotoh) yang meninggal karna rivalitas antar suporter, kami lakukan di depan Stadion Patriot mengadakan 1000 lilin dan alhamdulilah lancar. Dengan adanya penengah dari suporter tuan rumah,” pungkasnya. 

liga88
loading...

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*