Long Time No See, Bonek Disambut Hangat The Macz Man di Makassar

Terlepas dari hasil pertandingan PSM Makassar kontra Persebaya Surabaya, ada satu fenomena menarik yang terjadi di Stadion Andi Mattalatta, Sabtu (9/6) malam. Suporter dari kedua tim tampak rukun dan berbagi tempat di stadion. Bonek dan The Macz Man duduk bersama di dalam stadion tanpa ada sedikitpun kericuhan.

Sebenarnya hubungan suporter PSM, The Macz Man dengan loyalis Persebaya, Bonek sempat tidak harmonis pada 2005. Pada saat itu kedua suporter terlibat bentrok di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada babak 8 besar Liga Indonesia.

Suhu di kedua kubu mulai mereda pada 2012. Pada saat itu puluhan The Macz Man diterima dengan ramah saat mendukung PSM di Stadion Gelora 10 Nopember, Surabaya. Pada putaran kedua, giliran Bonek yang disambut hangat kala mengawal Persebaya di Makassar.

Ketika Bonek memperjuangkan Persebaya untuk kembali berkompetisi, mereka mendapat dukungan dari banyak suporter. The Macz Man adalah salah satu elemen suporter yang memberikan dukungan moril ke Bonek dan Persebaya.

Setelah enam tahun tidak duduk di satu tribune, Bonek kembali mendapat sambutan sangat hangat di Stadion Andi Mattalatta, Sabtu malam. Kedua suporter membaur di tribune. Guyub dan rukun. Sama sekali tidak ada sekat.

Persaudaraan kedua kubu suporter tergambar jelas dalam koreo The Macz Man. Koreo tersebut menampilkan logo klub PSM yang menyatu dengan logo Persebaya. “Long time no see,” demikian tulisan yang tampak dalam koreo 3D di dalam stadion.

Akun Twitter resmi The Macz Man juga menampilkan foto-foto saat mereka berbagi tribune dengan Bonek. “Welcome to Neraka Mattoangin kawan-kawan Bonek. Eja vs Ijo,” tulis mereka.