Luis Milla: Perburuan Pemain Senior untuk Timnas Indonesia U-23 Belum Berakhir

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Luis Milla, belum mengakhiri perburuan tiga pemain senior yang akan dibawa ke Asian Games 2018. Luis Milla menyebut, perburuan pemain-pemain tersebut akan terus berlanjut sampai hari terakhir pendaftaran tim (entry by name) pada 30 Juni mendatang.

Luis Milla mencoba enam pemain senior pada dua laga uji coba melawan Thailand U-23. Keenam pemain yang dicoba Luis Milla adalah Muhammad Ridho (Borneo FC), Teja Paku Alam (Sriwijaya FC), Victor Igbonefo (Persib Bandung), Riko Simanjuntak (Persija Jakarta), Lerby Eliandry (Borneo FC), dan Alberto ‘Beto’ Goncalves (Sriwijaya FC).

M.Rido dan Teja Paku Alam masing-masing mendapatkan kesempatan 45 menit, sedangkan keempat pemain sisanya mendapatkan jatah 90 menit baik dengan format satu pertandingan ataupun akumulasi dua laga.

Kedua kiper senior yang dicoba Luis Milla mampu tampil impresif dengan melakukan penyelamatan penting ketika Timnas Indonesia U-23 bermain imbang 0-0 melawan Thailand U-23 di Stadion Pakansari, Minggu (3/6/2018). Sementara itu, Victor Igbonefo sempat tampil impresif pada uji coba pertama, namun melakukan blunder yang membuat Thailand U-23 menang 2-1.

Adapun rapor Riko Simanjuntak dan Lerby Eliandry terbilang biasa-biasa saja. Peran keduanya tak banyak terlihat dalam dua laga tersebut. Berbeda dengan Beto Goncalves yang sukses mencetak satu assist pada laga perdana dan tampil kerja keras pada laga kedua dengan turun ke lini tengah untuk membuka ruang.

Pelatih Luis Milla meyakini masih belum yakin sepenuhnya dengan pemain senior yang sudah dicobanya. Pria asal Spanyol itu juga tak menutup peluang untuk mencari pemain senior anyar yang akan dicoba pada dua laga uji coba sisa jelang Asian Games.

“Apakah akan ada pemain senior baru atau tidak? Saya akan terus mencari dan mencoba sampai hari terakhir kami masukkan daftar. Sampai saat itu juga saya akan melakukan pergantian pada pos-pos penting jika dibutuhkan,” kata Luis Milla.

Timnas Indonesia U-23 akan menjamu Korea Selatan U-23 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, pada 23 Juni 2018. Setelah itu, Garuda Muda akan menutup serangkaian uji coba jelang Asian Games 2018 dengan menghadapi klub lokal.