Persita Ubah Gaya Bermain

Pelatih Persita Tangerang Elly Idris harus kembali memutar strategi guna menemukan ritme ideal tim ungu menjelang lanjutan kompetisi Liga 2 Indonesia 2018 pada 3 Juli mendatang.

Pola identik yang selama ini menggunakan 3-5-2 pun bakal dirombak menjadi 4-4-2. Kondisi ini jelas membutuhkan karakter pemain yang dominan bertahan. Dan pilihan itu jatuh pada Ledi Utomo, Rio Ramandika, Rico Sanjaya, Amri Alamsyah, Fajar Nurhakim, dan Rizkiyana Muttaqim.

”Beberapa kali sesi latihan, kami pernah mencoba pola ini. Hanya saja di pertandingan resmi, kami belum belum pernah mencobanya. Sekarang hanya tinggal membiasakan saja,” ujar Elly, Kamis (24/5).

Ditambahkan, perubahan pola dari penggunaan tiga bek dengan empat bek tidak lepas dari hasil negatif di dua pertandingan terakhir Egi Melgiansyah cs, yakni ketika menghadapi PSPS Riau dan Aceh United. Dua kekalahan itu mengindikasikan adanya kekurangan pada formasi pola tiga bek. ”Saya akui sangat terkejut dengan begitu mudahnya kami kebobolan saat menjamu Aceh United (kalah 3-2),” ungkapnya.

Padahal, lanjut dia, pada masa persiapan, lini belakang membuat Persita optimistis meraih hasil maksimal di laga kandang. ”Dan itu sempat terbukti kami menang di Serang (kontra Perserang-red) pada pertandingan perdana,” imbuhnya.

Untuk itu, pencarian formasi ideal diintensifkan. Dan diakui mantan pelatih PS Angkatan Laut tersebut, sejauh ini dirinya diuntungkan dengan kondisi fit pemain belakang, sehingga dirinya mendapat gambaran jelas soal siapa yang terbaik di
posisinya.

”Jadi kami tidak memilih peningkatan fisik, tapi lebih kepada pemantapan strategi dan teknik bermain. Saya buat latihan di bulan puasa selain untuk formasi juga memaksimalkan kemampuan bermain pemain secara teknik dan strategi,” tandas Elly. (dre/ful/ags)