Jumlah Peserta Ditambah, PSSI Usulkan GBLA Jadi Venue Asian Games 2018

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha Destria, mengaku sudah mengusulkan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) sebagai venue cabang olah raga di Asian Games 2018. Usulan tersebut dilakukan karena penambahan jumlah peserta cabang olah raga sepak bola menjadi 32 tim.

Sebelumnya, PSSI sudah menyiapkan empat stadion untuk Asian Games 2018. Keempat stadion itu adalah Stadion Pakansari (Kabupaten Bogor), Stadion Patriot Candrabhaga (Bekasi), Stadion Wibawa Mukti (Kabupaten Bekasi), dan Stadion Si Jalak Harupat (Kabupaten Bandung).

Stadion-stadion tersebut disiapkan untuk menggelar pertandingan 28 tim yang akan berlaga di Asian Games. Namun, Panitia penyelenggara Asian Games Indonesia (INASGOC) menambah jumlah peserta menjadi 32 tim.

Penambahan tim menjadi 32 membuat PSSI harus mengubah jadwal dan menambah venue pertandingan. PSSI pun bergerak cepat untuk bertemu dengan perwakilan AFC demi membantu pihaknya melakukan verifikasi persiapan venue dan lapangan latihan.

“Adanya penambahan peserta dari 28 menjadi 32 tim ini menyebabkan jadwal harus diubah dan venue pun kita harus punya tambahan satu stadion lagi untuk cadangan. Oleh sebab itu, PSSI atas inisiatif sendiri bertemu perwakilan AFC, Senin (4/6/20118) untuk membantu kami verifikasi beberapa persiapan venue maupun lapangan latihan yang belum siap untuk Asian Games,” kata Ratu Tisha kepada wartawan di Jakarta, Kamis (31/5/2018).

“Kami juga perlu berkonsultasi untuk mengatur bagaimana taktisnya karena ada 32 tim yang akhirnya terdaftar di Asian Games 2018. Misalnya seperti apa jadwal perpindahannya yang harus kami atur agar sesuai dengan standarnya Asia,” ucap Ratu Tisha.