Kriteria Luis Milla untuk Pemain Senior yang Masuk Skuat Timnas U-23 di Asian Games

Pelatih tim nasional (timnas) U-23 Indonesia, Luis Milla memiliki kriteria khusus untuk pemain-pemain senior yang akan dibawa ke Asian Games 2018. Salah satunya adalah harus bisa memberikan contoh yang baik kepada junior-juniornya.

Seperti diketahui, setiap negara peserta Asian Games cabang olahraga sepakbola diperbolehkan untuk diperkuat tiga pemain senior. Milla pun sudah beberapa kali memanggil pemain senior untuk mengikuti pemusatan latihan (TC).

Sebut saja, Andritany Ardhiyasa, Boas Solossa, Stefano Lilipaly, dan Lerby Eliandry. Teranyar, pelatih berkebangsaan Spanyol ini memanggil Alberto Goncalves, Riko Simanjuntak, Lerby Eliandry, Teja Paku Alam, Victor Igbonefo, dan Muhammad Ridho yang diikutsertakan dalam laga uji coba melawan Thailand pada 31 Mei dan 3 Juni 2018.

“Sebagai seorang pelatih, kami harus mencocokan hal-hal. Tugas kami sebagai pelatih tidak boleh salah ambil keputusan, apalagi pemain senior ini. Tugas pelatih selain melatih adalah harus adil dalam memilih pemain dan di sini saya panggil tiga pemain senior untuk main di Asian Games, harus kami lihat profilnya, kami lihat waktu mereka dipanggil, dan waktu mereka di klub, itu semua kita nilai,” ujar Milla di Stadion Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta Selatan, Kamis (31/5/2018) malam.

“Semua ada penilaiannya dan salah satu penilaian pemain senior adalah gaya hidupnya. Kami lihat juga bagaimana budaya dia dalam sepakbola di luar lapangan seperti gaya hidup, jaga kondisi, makan, dsb. Ketika seorang pemain senior dipanggil ke timnas, dia akan menjadi contoh untuk adek-adeknya,” tambahnya.

“Jadi kenapa harus ada tiga pemain senior, karena tiga ini yang akan membawa sesuatu hal yang berbeda. Apa yang tidak bisa dibawa pemain muda, harus bisa dibawa oleh pemain senior. Sampai saat ini saya akan mencoba adil, dan sampai detik akhir saya akan mengambil keputusan siapa yang pantas untuk ikut ke Asian Games,” tutup pelatih berusia 52 tahun ini.