Musim Depan, Operator Liga Perketat Standar Stadion

PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi profesional sepakbola di Tanah Air akan memperketat standar stadion yang dipakai oleh klub-klub peserta pada musim depan. LIB bakal membuat regulasi.

Hingga saat ini, masalah stadion masih menjadi momok bagi klub-klub di kompetisi Go-Jek Liga 1 bersama Bukalapak. Pasalnya, masih banyak klub yang menggunakan stadion di bawah standar.

LIB sejatinya sudah melakukan verifikasi sebelum kompetisi, dan ada beberapa stadion yang dinyatakan tak lolos verifikasi, di antaranya markas PSMS Medan (Stadion Teladan), Perseru Serui (Stadion Marora), dan Bhayangkara FC (Stadion PTIK). Namun pada prosesnya, LIB memberikan kelonggaran dengan catatan stadion tersebut harus diperbaiki sesuai standar yang telah ditetapkan.

COO LIB, Tigorshalom Boboy menjelaskan bahwa tahun depan tak ada lagi klub-klub yang menggunakan stadion tidak layak. LIB bakal lebih tegas dalam menerapkan regulasinya.

“Jadi ini tahun terakhir stadion-stadion yang tidak punya standar layak untuk bisa diperbaiki di tahun depan dan butuh waktu bagi mereka mungkin setelah lebaran kami akan keluarkan regulasi itu dan minta dari PSSI. Jadi tidak ada alasan bagi mereka untuk tidak menyiapkan tahun depan,” ujar Tigor di Kantor LIB, Jakarta, Rabu (30/5/2018) malam.