Luis Milla Tutup Peluang Stefano Lilipaly Bela Timnas Indonesia U-23 di Asian Games 2018

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Luis Milla, menutup peluang Stefano Lilipaly untuk memperkuat timnya di Asian Games 2018. Menurut Luis Milla, banyaknya pemain muda yang memiliki peran sama dengan Lilipaly membuat jasanya tak dibutuhkan di skuat Garuda Muda.

Minimnya kreatifitas lini tengah dan menyusutnya ketajaman Timnas Indonesia U-23 membuat peran gelandang serang tim asuhan Luis Milla itu dipertanyakan. Padahal, Garuda Muda dihuni gelandang-gelandang serang semisal Saddil Ramdani, Septian David Maulana, hingga Riko Simanjuntak.

Hal itu terlihat dari lima pertandingan terakhir yang tanpa kemenangan. Timnas Indonesia U-23 tercatat meraih tiga kali imbang dan dua kali kalah, termasuk dua laga uji coba kontra Thailand U-23 (sekali kalah dan sekali imbang).

Luis Milla sebenarnya memiliki opsi untuk memanggil gelandang Bali United, Stefano Lilipaly, yang sedang dalam performa menanjak. Pemain naturalisasi itu tercatat mencetak tujuh gol di Liga 1 2018.

Namun, Luis Milla enggan memanggil Lilipaly. Pelatih berpaspor Spanyol itu berpendapat dirinya hanya ingin memanggil pemain senior yang berperan sebagai kiper, bek tengah, dan penyerang murni.

“Kita semua tahu Lilipaly bermain baik di liga sejauh ini, akan tetapi perlu diingat ini adalah Timnas Indonesia U-23 di mana hanya bisa membawa tiga pemain senior. Buat saya, Lilipaly adalah pemain bagus dan tidak ada keraguan buat saya untuk memanggilnya di Timnas senior,” kata Luis Milla kepada wartawan sesuai laga.

Menurut Luis Milla, itulah posisi-posisi penting yang membutuhkan pemain senior. Adapun untuk posisi Lilipaly, Luis Milla sudah memiliki Saddil Ramdani, Septian David Maulana, dan Evan Dimas.

“Saat ini, hanya ada tiga pos yang ingin saya isi dengan pemain senior. Pos itu adalah pos-pos penting yakni penyerang, kiper yang punya pengalaman, dan saya juga akan fokus (pada pencarian) bek tengah. Itulah posisi-posisi yang menuntut adanya kedewasaan yang bisa menjadi nilai lebih untuk pemain muda. Sekali lagi, ini Timnas Indonesia U-23 dan sudah banyak pemain muda yang bisa mengisi posisi dia,” ucap Luis Milla.