Kronologi Bentrok Suporter Persija-Persebaya di Bantul

Dua kubu suporter bola Bonek Mania dan Jakmania Minggu (3/6/2018) siang terlibat tawuran di Stadion Sultan Agung (SAA). Kedua kubu superoter ini rencananya akan mendukung klub kebangaan mereka Persija Jakarta yang akan menjamu Persebaya.

Dari data yang berhasil dihumpun SINDOnews peristiwa ini bermula ketika sekitar pukul 10.10WIB, empat armada bus yang ditumpangi oleh suporter Jakmania memasuki komplek Stadion Stadion Sultan Agung (SSA) di Pacar, Sewon, Bantul.

Melihat bus yang ditumpangi Jakmania, Bonek yang mendukung Persebaya langsung melempari bus Jakmania dengan batu. Melihat ini, Jakmania turun dari bus di sebelah timur stadion dan langsung membalas aksi pelemparan tersebut.

Tawuran berlangsung sekitar 1 jam. Kedua pihak saling lempar batu dan beberapa sporter baik Jakmania maupun bonek terluka terkena lemparan batu.

“Korban saling serang Bonek dan Jakmania di rumah sakit Nurhidayah dan PKU Muhammadiyah sudah boleh pulang, hanya luka ringan saja. Tidak ada yang meninggal,” tegas Kabid Humas Polda DIY AKBP Yulianto.

Sekitar pukul 12.30WIB tawuran suporter berhasil dikendalikan. Petugas kepolisian menyeprotkan gas air mata dan berhasil memisahkan kedua kubu. Suporter bonek terkonsentrasi di sebelah barat stadion dan jalan sekitar simpang empat Sudimoro sementara Jakmania berada di parkiran sebelah timur stadion.

Akibat ulah suporter, pertandingan klasik Persija kontra Persebaya terpaksa ditunda. Belum diketahui secara persis kapan rencana pertandingan tersebut akan dijadwal ulang.