Arema Terpuruk, Milan Petrovic Peringatkan Pemain Asing

Performa Arema FC terbilang buruk hingga pekan ke-11 Gojek Liga 1 bersama Bukalapak. Dendi Santoso dkk masih terpuruk di posisi ke-17 klasemen sementara dengan torehan sembilan poin.

Catatan buruk tentunya bagi Arema yang beberapa musim terakhir jadi langganan papan atas. Pelatih Arema, Milan Petrovic, pun melakukan evaluasi.

Dia mengaku sudah mengantongi beberapa poin penting menjelang akhir putaran pertama. Performa pemain asing menjadi sorotan utama. Ahmet Atayev, Arthur Cunha, Thiago Furtuoso dan Balsa Bozovic kemudian mendapat peringatan dari sang arsitek tim.

“Tentu evaluasi putaran pertama kami siapkan. Termasuk untuk pemain asing. Harusnya mereka bermain 50 persen lebih bagus atau diatas pemain lokal,” kata Petrovic.

Saat ini, keempat pemain asing Arema sempat absen dalam beberapa pertandingan. Arthur dan Furtuoso harus menepi dalam dua pertandingan terakhir.

Sedangkan Ahmet Atayev dan Balsa Bozovic justru sempat jadi cadangan dalam beberapa pertandingan. “Kami butuh pemain yang juga bisa menjadi leader dan membimbing pemain muda,” jelasnya.

Peringatan dari Petrovic jelas harus direspons pemain asing Arema. Jika tidak, bukan tak mungkin keempat pemain itu terdepak dari posisinya. Namun, jika dalam enam pertandingan sisa putaran pertama mereka bisa berkontribusi lebih besar, tentu Petrovic akan berubah pikiran.

Perlu diketahui, musim ini Arema sempat kebingungan mencari pemain asing. Hanya Arthur Cunha yang dapat kontrak dua musim kedepan. Sedangkan Ahmet diperpanjang satu musim. Untuk Furtuoso direkrut setelah Arema gagal mendatangkan sejumlah striker asing bidikan.

Yang paling terakhir adalah Balsa. Dia dikontrak setelah menjalani seleksi di Piala Gubernur Kaltim. Waktu itu, pemain asal Montenegro ini tampil luar biasa. Meski fisiknya belum 100 persen, dia punya akurasi umpan tinggi dan tendangan bebas mematikan.

Namun semua kelebihannya itu seakan sirna. Mantan pemain Persela Lamongan ini hanya jadi starter dalam lima pertandingan Arema FC. Sedangkan empat pertandingan lainnya, dia jadi pemain pengganti.