Pelatih Sriwijaya Janjikan Rotasi Pemain di Piala Presiden

Pelatih Sriwijaya FC Rahmad Darmawan menjanjikan akan merotasi pemain pada ajang Piala Indonesia 2018. Langkah ini dilakukan untuk memberikan kesempatan sejumlah pemain yang selama ini mengisi bangku cadangan pada pertandingan Liga 1.

“Rencana saya di Piala Indonesia akan ada rotasi pemain,” kata Rahmad, Jumat (25/5).

Menurut Rahmad, skuat inti diberikan kepada pemain yang memiliki kualitas terbaik dalam tim dan siap secara fisik serta mental pada hari pertandingan. “Bagi saya siapa pun berpeluang, entah dia pemain senior atau bukan. Seleksinya ada di latihan,,” kata RD, sapaan akrabnya.

RD tak menyangkal dengan target manajemen klub setidaknya finis di peringkat tiga besar pada akhir musim Liga 1, membuatnya harus lebih cermat dalam memilih pemain. Sejumlah pemain dapat tampil konsisten di setiap pertandingan sehingga selalu diberikan kepercayaan, tapi ada juga beberapa pemain yang belum stabil karena masih dalam fase berkembang terutama pemain-pemain muda.

Oleh karena itu, lanjut RD, dari 30 pemain yang ada dalam tim, hanya beberapa orang yang kerap menjadi pilihan utama. “Itulah rencana saya, akan ada rotasi pemain nanti di Piala Indonesia, untuk memberi kesempatan kepada pemain,” jelas dia.

Sriwijaya akan kembali mengikuti turnamen Piala Indonesia setelah turnamen ini sempat vakum dengan terakhir digelar pada 2012. Sejauh ini tim asal Sumatra Selatan ini memiliki rekor baik di Piala Indonesia dengan meraih tiga gelar juara.

Yogi Rahadian, pemain Sriwijaya, mengaku senang jika nantinya RD akan merotasi pemain. Hingga kini, ia belum mendapatkan kesempatan bertanding di Liga 1. Karena itu, ia berharap dapat unjuk kemampuan pada Piala Indonesia. “Tentu sebagai pemain saya senang sekali jika rencana rotasi pemain itu benar-benar direalisasikan,” kata Yogi, mantan pemain Mitra Kukar ini.

Sebelas pemain yang kerap menjadi pilihan RD, yakni untuk lini depan Manuchehr Jalilov, Esteban Vizcarra, Alberto Goncalves dengan pemain pengganti Nur Iskandar dan Patrick Wanggai. Sementara untuk lini tengah, Makan Konate, Adam Alis, dan Zulfiandi dengan pemain pengganti Syarian Abimanyu dan Yu Kyun Koo.

Adapun untuk lini belakang, Markho Maraudje, Hamka Hamzah, Mohammadou Ndiaye, Alfin Tuasalamony, dengan pemain penganti Novan Setia Sasongko dan Bio Paulin. Sedangkan, untuk penjaga gawang dipercayakan kepada Teja Paku Alam dengan pemain penganti Dikri Yusron.