Timnas Indonesia U-23 Tumbang 1-2 dari Thailand

Timnas Indonesia U-23 harus menelan luka kala takluk dari Thailand U-23 dengan skor 1-2 dalam laga uji coba persahabatan di Stadion PTIK, Jakarta, Kamis (31/5/2018) malam WIB. Indonesia sebenarnya memiliki banyak peluang emas dalam laga ini. Sayangnya, penyelesaian akhir para pemain Indonesia masih buruk.

Jalannya Pertandingan:

Laga dimulai dengan tempo lambat. Akan tetapi para pemain Indonesia lekas mencari celah untuk menembus pertahanan Thailand. Pada menit ketiga Osvaldo Haay mencoba memberikan umpan terobosan kepada Alberto Goncalves, namun baris pertahanan Thailand masih mampu menyapu datangnya bola.

Indonesia baru mendapatkan peluang emas pertamanya di menit kesembilan. Febri Hariyadi dari sisi kiri melepaskan umpan silang ke dalam kotak penalti Thailand. Bola kemudian diterima dengan baik oleh Osvaldo dan lekas dilanjutkan dengan tendangan. Namun sayang, pemain Thailand masih mampu mengamankan pertahanan mereka.

Thailand sendiri bukan tanpa perlawanan. Di menit ke-15 mereka mengancam gawang Indonesia. Penetrasi pemain Thailand sukses menembus kotak penalti Indonesia. Beruntung, I Putu Gede masih bisa memblok tembakan pemain Thailand tersebut sehingga hanya menghasilkan sepak pojok.

Baca juga Timnas Indonesia U-23 Ditahan Thailand Tanpa Gol pada Babak Pertama

Memasuki menit ke-21, Indonesia kembali mendapat peluang emas. Kali ini umpan tarik Beto yang dilepaskannya dari dalam kotak penalti, lekas disambar Febri dengan tendangan kencang. Sayangnya, bola sepakan tersebut masih melambung di atas gawang Thailand.

Di menit ke-35, Indonesia kembali mendapat peluang bagus untuk mencetak gol setelah pemain Thailand salah memberikan umpan. Namun, Febri yang menerima bola tak bisa memanfaatkannya dengan baik, lantaran tendangannya dari tepi kotak penalti masih melambung.

Hingga babak pertama berakhir, kedua kesebelasan tak ada yang mampu mencetak gol. Skor 0-0 pun menjadi penghias babak pertama.

Babak Kedua:

Begitu babak kedua dimulai, Indonesia langsung tancap gas. Hasilnya tak percuma, pada menit ke-48, Indonesia berhasil mencetak gol. Umpan silang yang dikirimkan Beto dari sisi kanan, lekas disambar oleh Septian David Maulana yang berdiri di muka gawang Thailand untuk menjadi gol. Indonesia memimpin 1-0.

Kendati begitu, keunggulan Indonesia tak bertahan lama. Pasalnya, pada menit ke-53 Thailand menyamakan kedudukan. Kemelut di dalam kotak penalti Indonesia, sukses dimanfaatkan dengan baik oleh penain Thailand untuk memasukkan bola ke dalam gawang. Skor kini imbang 1-1.

Di menit ke-62, Indonesia mendapat peluang emas. Berawal dari skema serangan balik cepat, para pemain Indonesia lekas mengurung pertahanan Thailand. Sayangnya, Beto yang melakukan penyelesaian akhir, tendangannya masih terlampau lemah, sehingga bisa digagalkan kiper Thailand.

Pada menit ke-72, Beto kembali mendapatkan peluang untuk mencatatkan namanya di papan skor. Akan tetapi, tendangan yang dilepaskannya dari luar kotak penalti masih lemah dan bisa diamankan kiper Thailand.

Alih-alih berusaha mencetak gol, Indonesia justru kecolongan di menit ke-89. Serangan balik cepat Thailand sukses menembus pertahanan Indonesia. Tanpa pengawalan berarti, Tanasith Siripala dengan mudah membobol gawang Indonesia. Kini Indonesia tertinggal 1-2 dari Thailand.

Di sisa waktu pertandingan, Indonesia tak bisa berbuat banyak. Hasilnya, pertandingan berakhir dengan skor 1-2 untuk kemenangan Thailand.

Susunan Pemain:

Indonesia: Awan Setho, I Putu Gede, Victor Igbonefo, Bagas Adi, Ricky Fajrin, Febri Hariyadi, Zulfiandi, Osvaldo Haay (Riko Simanjuntak 80′), Septian David (Saddil 74′), Hargianto, Alberto Goncalves (Lerby 74′)

Pelatih: Luis Milla

liga88
loading...