Setelah Lima Tahun, Timnas Indonesia Akhirnya Punya Jersey Baru

Setelah lima tahun, timnas Indonesia akhirnya punya jersey baru. Produsen Amerika Serikat, Nike, telah merilis jersey anyar timnas untuk tahun 2018.

Mengusung tema negara kepulauan, Nike merilis dua jersey timnas Indonesia, kandang dan tandang. Beberapa perubahan besar terlihat pada tampilan jersey anyar tersebut.

“Indonesia – negara keempat terpadat di dunia, membentang lebih dari 3.100 mil dari timur ke barat. Dengan kekuatan lebih dari 17.500 pulau yang tersebar, Indonesia memamerkan persatuan dalam jersey untuk tahun 2018,” demikian filosofi yang coba dijabarkan Nike dalam jersey baru timnas Indonesia.

Jersey kandang timnas kali ini hanya mengusung satu warna, merah. Logo burung Garuda tetap dipertahankan di bagian dada kiri. Sementara logo Nike ada di sebelah kanan dengan sentuhan warna emas.

Desain ini sangat berbeda dengan jersey lama yang digunakan sejak tahun 2013. Seperti diketahui, jersey lama timnas tidak hanya dominan berwarna merah, tapi juga ada sisipan ornamen hijau dan putih di bagian leher, pundak dan kerah tangan.
Tak ubahnya jersey kandang, jersey tandang baru timnas juga mengusung satu warna, yakni putih. Selingan warna hijau hanya terdapat di logo Nike dan bagian dalam punggung.

Jersey baru ini rencananya baru akan didistribusikan sekitar bulan September 2018. Timnas senior Indonesia akan jadi yang pertama menggunakan jersey baru ini saat tampil di Piala AFF 2018 pada 8 November – 15 Desember mendatang.