Pasoepati Japan Bagi-Bagi Takjil

Sejumlah anggota Pasoepati Japan berkumpul di pinggir jalan Ir. Sutami Solo, tepatnya di kawasan Sekarpace, Senin (28/5/2018). Dengan mengenakan atribut Persis Solo dan Pasoepati baik kaus maupun syal, mereka menenteng sejumlah paket makanan untuk dibagikan kepada para pengguna jalan. Paket takjil itu berisi nasi, lauk pauk, berikut segelas air putih.

Pembagian takjil itu tidak hanya terfokus di satu lokasi. Selain di kawasan Sekarpace, sejumlah anggota Pasoepati Japan juga membagikan takjil di kawasan Panggung dan kawasan boulevard Universitas Sebelas Maret (UNS).

“Total ada 650 paket takjil yang kami bagikan kepada pengguna jalan. Dananya bersumber dari konser amal yang digelar di Jepang pada awal Mei lalu,” kata Ketua Pasoepati Japan, Joe Effendi, kepada Solopos.com, Selasa (29/5/2018).

Konser amal merupakan agenda rutin yang digelar Pasoepati Japan setiap tahun. Dalam konser amal terakhir, Pasoepati Japan memboyong grup band papan atas Indonesia NTRL ke Negeri Sakura. Konser amal itu diikuti sekitar 350 penonton yang sebagain besar merupakan tenaga kerja Indonesia (TKI) atau tenaga magang di Jepang.

Pasoepati Japan beranggotakan lebih dari 100 orang. Mereka tersebar di berbagai pulau di Jepang. Pada awal Ramadan ini, sebagian anggota sudah lebih dulu mudik ke kampung halaman. Mereka pun punya inisiatif untuk membagi-bagikan takjil di jalanan dengan menggunakan sisa dana yang terkumpul dari hasil konser amal itu.

“Yang sudah pulang kampung ada sekitar 20 orang. Kebetulan pembagian takjil itu digelar beberapa jam sebelum Persis Solo bertanding melawan Timnas U-19. Jadi, selepas kegiatan itu, kami langsung bersiap menuju Stadion Manahan Solo untuk mendukung Persis Solo. Ini adalah momen yang paling kami rindukan selama di Jepang,” terang Joe Effendi.

Joe enggan menyebutkan berapa jumlah dana yang berhasil dikumpulkan dari konser amal tahun ini. Menurutnya, sebagian besar dana sudah dibelanjakan untuk memenuhi kebutuhan operasional dari konser amal itu sendiri. Sisanya dibelanjakan untuk kegiatan bakti sosial berupa pembagian takjil dan santunan kepada sejumlah panti asuhan di Soloraya.

“Sementara ini baru Panti Asuhan Kyai Ageng Pandanaran Plupuh Sragen yang sudah kami beri santunan. Lainnya akan menyusul secepatnya,” jelas Joe.

liga88
loading...