Bhayangkara FC Kalahkan Persib di Bandung

Bhayangkara FC secara mengejutkan mengalahkan Persib Bandung dengan skor 1-0 dalam laga yang digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kamis (31/5/2018) malam.

Gol kemenangan ‘The Guardians’ tercipta melalui gol bunuh diri Jonathan Bauman di babak kedua. Gol bermula dari tendangan sudut yang gagal diantisipasi kiper M Natshir. Bola kemudian mengenai Bauman dan meluncur ke gawang sendiri.

Atas kekalahan itu, Bhayangkara FC yang semula ada di peringkat 15 naik ke posisi tujuh klasemen sementara. Sedangkan Persib yang sebelumnya di peringkat tujuh turun satu peringkat ke posisi delapan.

Bagi Persib, kekalahan itu juga jadi yang pertama dialami di kandang musim ini. Hasil itu jadi catatan minor dalam perjalanan Persib di Liga 1 2018.

Jalannya pertandingan

Di awal laga, Persib berusaha tampil menekan dengan mengandalkan sektor sayap. Tapi, pertahanan Bhayangkara FC tampil disiplin dalam menghadang serangan Persib.

Meski begitu, Bhayangkara FC memberikan beberapa kali perlawanan. Mereka mengandalkan kolektivitas lini tengah serta kecepatan para pemain sayap.

Peluang emas dimiliki Persib pada menit 10. Dedi Kusnandar melepas sepakan keras dari luar kotak penalti. Sial, bola melintas tipis dari sasaran.

Menit 16, giliran In-Kyun Oh yang melepas tendangan jarak jauh. Kali ini, bola berhasil ditangkap kiper Wahyu Tri Nugroho.

Bhayangkara FC sendiri terus memberikan perlawanan. Berkali-kali mereka mendobrak pertahanan Persib melalui Paulo Sergio, Jajang Mulyana, Herman Dzumafo, dan Wahyu Subo Seto. Tapi, pertahanan Persib yang digalang Bojan Malisic tampil konsisten menjaga pertahanan.

Kemelut terjadi di kotak penalti Bhayangkara FC pada menit 38. Berkali-kali beberapa pemain Persib melepas sepakan, mulai dari Bauman hingga Dedi Kusnandar. Tapi pertahanan lawan selalu berhasil memblok bola. Peluang pun terbuang sia-sia.

In-Kyun mencoba keberuntungannya pada menit 43. Ia melepas sepakan dari jarak seperempat lapangan. Bola hanya melintas di atas gawang Bhayangkara FC.

Hingga babak pertama berakhir, kedua tim tak mampu mencetak gol. Bahkan, peluang juga minim tercipta. Skor 0-0 pun menutup laga di babak pertama.

Di awal babak kedua, Persib tetap berusaha menekan. Peluang didapatkan Ghozali Siregar melalui tendangan jarak jauh. Dewi Fortuna belum berpihak, bola melenceng tipis dari sasaran.

Menit 47, Ghozali kembali melepas tendangan jarak jauh. Bola kemudian mengenai kepala Airlangga. Tapi, bola terbuang percuma dan hanya menghasilkan tendangan gawang bagi Bhayangkara FC.

GOOLLL!!! Tanpa peluang berarti sejak awal laga, Bhayangkara FC justru mencetak gol lebih dulu di laga tersebut pada menit 55.

Bola hasil tendangan sudut gagal ditepis kiper M Natshir. Bola kemudian mengenai Bauman. Sialnya, bola justru masuk ke gawang Persib. 1-0 Bhayangkara FC memimpin.

Dalam posisi tertinggal, pelatih Mario Gomez memasukkan dua tenaga segar pada menit 61, yaitu Tony Sucipto dan Agung Mulyadi. Sedangkan pemain yang ditarik adalah Henhen Herdiana dan Fulgensius Billy Keraf.

Menit 63, petaka datang bagi Bhayangkara FC. Marinus Wanewar diganjar kartu kuning kedua yang berujung kartu merah dalam pertandingan tersebut. Kartu kuning kedua didapatkan saat Persib akan mengeksekusi tendangan bebas. Sebelum bola ditendang, Marinus sudah bergerak lebih dulu.

Unggul jumlah pemain, Persib mencoba mengendalikan permainan. Tapi, Bhayangkara FC tetap memberikan perlawanan sengit. Pertahanan mereka juga tetap tangguh menghalau serangan Persib.

Kesulitan menyerang, Gian Zola kemudian dimasukkan pada menit 70 untuk menggantikan Airlangga. Masuknya Zola diharapkan membuat serangan Persib lebih bervariasi.

Satu menit setelah masuk ke lapangan, Zola memiliki peluang. Ia melepas sepakan di dalam kotak penalti. Bola bergerak lemah dan dengan mudah ditangkap kiper Wahyu Tri Nugroho.

Sementara meski bermain dengan 10 pemain, Bhayangkara FC tetap memberi perlawanan sengit. Mereka berkali-kali mampu merepotkan pertahanan Persib.

Menit 75, Bhayangkara FC nyaris menggandakan keunggulan. Kerjasama Herman Dzumafo dan Paulo Sergio diakhiri sepakan di kotak penalti. Beruntung bagi Persib, kiper M Natshir berhasil memotong laju bola.

Persib berusaha memburu gol. Menit 86, Bojan Malisic melepas sepakan keras dari luar kotak penalti. Sial, bola melambung dari sasaran.

Sementara hingga akhir laga, skor 1-0 untuk keunggulan Bhayangkara FC tetap bertahan. Berbagai serangan yang ada tak mampu menghasilkan gol tambahan.

Susunan pemain

Persib: M Natshir (GK), Ardi Idrus, Bojan Malisic (C), Wildansyah, Henhen Herdiana (61′ Tony Sucipto), Dedi Kusnandar, Ghozali Siregar, In-Kyun Oh, Fulgensius Billy Keraf (61′ Agung Mulyadi), Airlangga Sutjipto (70′ Gian Zola), Jonathan Bauman

Pelatih: Mario Gomez

Bhayangkara FC: Wahyu Tri Nugroho (GK), M Faturohman, Nurhidayat, Vladimir Vujovic, Sani Rizki Fauzi, Lee Yu Jun, Paulo Sergio, Herman Dzumafo (90′ Dendi Sulistyawan), Jajang Mulyana (C), Marinus Wanewar, Wahyu Subo Seto

Pelatih: Simon McMenemy

liga88
loading...