4 Kiper Timnas Indonesia U-19 Punya Kans Sama Jadi Starter

Empat penjaga gawang Timnas Indonesia U-19 dinilai pelatih kiper, Jarot Supriyadi, memiliki potensi dan peluang sama untuk jadi starter. Empat kiper itu adalah Muhammad Riyandi, M. Aqil Savik, Rakasurya Handika, dan Gianluca Pagliuca Rossy.

“Saya rasa peluang keempatnya untuk jadi kiper utama sama-sama terbuka. Tergantung seberapa mereka mau bekerja keras dalam latihan dan terus berkembang,” kata Jarot saat berbincang dengan Bola.com, Kamis (24/5/2018).

Saat Piala AFF U-18 2017, M. Riyandi menjai kiper utama Timnas Indonesia U-19. Namun, dia dihantam cedera ACL yang cukup parah hingga harus menepi sekitar setengah tahun. Aqil Savik lantas menggantikan posisi kiper Barito Putera itu menjadi nomor satu di Timnas Garuda Nusantara.

Namun, kembalinya M. Riyandi membuat persaingan di sektor penjaga gawang semakin menarik. Belum lagi dua kiper lain, yakni Rakasurya Handika (Bali United) dan Gianluca Pagliuca (Persija Jakarta), yang menunjukkan perkembangan positif selama pemusatan latihan di Stadion Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta.

“Perkembangan mereka cukup bagus selama ini. Tinggal bagaimana nanti kesempatan bermain yang menentukan untuk tetap eksis. Kiper itu beda dengan posisi yang lain. Tidak bisa membagi waktu dalam pertandingan,” lanjut mantan pelatih kiper Bali United tersebut.

Jarot saat ini terus memberikan porsi latihan keras untuk keempat kipernya. Pengembalian ball feeling dan refleks terus diasah bersamaan dengan program latihan Timnas Indonesia U-19.

“Semua latihan itu disesuaikan dengan program tim. Bagaimanapun program latihan kiper harus terintegrasi dengan latihan secara tim,” ujarnya.