Ahmad Alfarizi Masih Adaptasi Posisi Baru di Arema

Peran Ahmad Alfarizi di Arema FC kini berubah. Di era kepelatihan Milan Petrovic, dia dapat peran baru sebagai pemain sayap kiri. Sedangkan posisi bek kiri yang selama ini ditempatinya dihuni Bagas Adi Nugroho.

Bagi Alfarizi, itu adalah posisi baru. Meski, semasa junior dia sempat beberapa kali dijajal dalam beberapa posisi.

“Sebenarnya saya nyaman bermain di bek kiri karena sudah lama bermain di posisi itu. Kalau di posisi sayap, masih baru sekarang. Semoga bisa terbiasa dan lebih baik tentunya,” kata pemain yang akrab disapa Jhon ini.

Posisi sebagai sayap kiri sudah diperankan pemain 27 tahun itu dalam dua pertandingan terakhir Arema, saat melawan Bali United (18/5/2018) dan Bhayangkara FC (22/5/2018).

Dalam dua laga tersebut, Jhon bermain apik. Beberapa kali dia berhasil melakukan tusukan. Hanya, akurasi umpannya masih belum maksimal.

“Sebenarnya saya bisa saja bermain di beberapa posisi. Dulu pernah bermain di stoper dan gelandang. Tapi, ya harus ada adaptasi dulu dan mencari bentuk permainan yang maksimal sebagai pemain sayap,” imbuhnya.

Dalam sepak bola internasional, bintang Real Madrid, Gareth Bale, merupakan pemain yang sukses bertransformasi dari bek menjadi pemain sayap. Namun, Jhon tidak menjadikan Bale sebagai sumber inspirasi. Meski, secara posisi, keduanya sama. Berkutat di sektor kiri.

“Saya tidak mau jadi siapa-siapa. Jadi diri sendiri saja dan yang terpenting bisa berkontribusi untuk kemenangan Arema,” tegas pemain yang sempat dipinjamkan ke Persija Jakarta tersebut.

Pelatih Arema, Milan Petrovic, melihat ada potensi dalam diri Alfarizi untuk bermain lebih menyerang sehingga dia memanfaatkan potensi tersebut. Apalagi dia juga cepat turun ke belakang jika Arema mendapatkan tekanan dari lawan.

Sebenarnya ada bek sayap lainnya, Syaiful Indra, yang dicoba dari bek menjadi pemain sayap ketika melawan Bali United. Tetapi, dalam pertandingan melawan Bhayangkara FC, Syaiful dikembalikan lagi sebagai bek sementara Alfarizi masih tetap dipertahankan sebagai pemain sayap Arema.