Muka Baru Timnas Indonesia U-23 Mayoritas Berusia Senior, Luis Milla Kekurangan Stok?

Kabar mengejutkan datang dari Timnas Indonesia U-23 yang tengah dipersiapkan untuk Asian Games 2018. Pelatih Luis Milla secara mengejutkan memanggil nama-nama baru yang mayoritas berusia senior.

Sebanyak enam wajah baru yang dipanggil Timnas Indonesia U-23 untuk dua pertandingan persahabatan melawan Thailand U-23 pada 31 Mei dan 1 Juni 2018. Mereka adalah Teja Paku Alam (Sriwijaya FC), Muhammad Ridho (Borneo FC), Victor Igbonefo (Persib Bandung), Riko Simanjuntak (Persija Jakarta), Alberto Goncalves (Sriwijaya FC), dan Lerby Eliandry (Borneo FC).

Keenam pemain anyar itu berusia di atas 23 tahun. Bahkan ada yang berusia di atas 30 tahun yakni duo naturalisasi Victor Igbonefo (32 tahun) dan Alberto Goncalves (37 tahun).

Keputusan Luis Milla tersebut cukup mengagetkan di mana seharusnya dia lebih fokus pada pemain di bawah usia 23 yang dipersiapkan untuk Asian Games dan jangka panjang Timnas U-23. Namun, pelatih asal Spanyol itu justru memanggil nama-nama pemain yang sudah selayaknya masuk timnas senior.

Untuk penjaga gawang Muhammad Ridho (27 tahun) mungkin sengaja dipanggil untuk menggantikan posisi Andritany Ardhiyasa yang mengalami cedera ketika tampil di PSSI Anniversary Cup 2018. Adapun untuk pemanggilan Riko Simanjuntak, Alberto Goncalves, dan Lerby Eliandry lebih masuk akal.

Kehadiran ketiganya diharapkan mampu menggerakkan motor permainan Timnas U-23 yang dalam tiga pertandingan terakhir di PSSI Anniversary Cup 2018 tak mampu mencetak gol. Namun, pemanggilan Victor Igbonefo patut dipertanyakan mengingat lini belakang Garuda Muda sejauh ini sudah kukuh karena hanya kebobolan satu gol dalam empat pertandingan terakhir di kalender 2018.

Pemanggilan enam wajah baru ke Timnas Indonesia U-23 bisa bermakna ganda. Di satu sisi, Luis Milla seakan kehilangan stok pemain muda berkualitas atau di sisi lain sang pelatih ingin menjadikan dua laga melawan Thailand U-23 sebagai panggung seleksi tiga pemain senior yang diboyong ke Asian Games 2018.

liga88
loading...