Persija Jakarta Ajukan Tiga Laga Kandang Dimainkan di Bantul

Persija Jakarta berencana menggunakan Stadion Sultan Agung (SSA), Bantul, untuk menggelar tiga laga kandang pada bulan Juni hingga Agustus.

Tiga laga yang diajukan Persija adalah laga pekan ke-11 kontra Persebaya (3/6/2018), pertandingan pekan ke-14 melawan PSM Makassar (6/7/2018), dan laga pekan ke-20 kontra PSMS Medan (12/8/2018).

Keputusan ini harus diambil Persija karena semua stadion yang ada di sekitar Jabodetabek tak bisa digunakan lantaran akan bersiap jelang gelaran Asian Games 2018.

Stadion Pakansari, yang dijadikan Persija menjamu laga Persipura Jayapura pada Jumat (25/52018), juga tak bisa digunakan karena akan menggelar laga uji coba tim nasional U-23 Indonesia.

Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Dinas Pemuda dan Olahraga Bantul, Bagus Nur Edi Wijaya, mengatakan, pihaknya telah menerima surat pemberitahuan dari manajemen Persija terkait permohonan penggunaan SSA.

“Betul kami telah menerima surat dari manajemen Persija yang menerangkan akan bermain di Bantul,” kata Bagus Nur Edi Wijaya dikutip dari BolaSport.com.

Edi Wijaya juga menjelaskan bahwa surat tersebut ditandatangani langsung oleh Chief Operating Officer (COO) Persija, Mohammad Rafil Perdana. Tidak hanya karena Asian Games, penyelenggaraan pilkada serentak 2018 juga menjadi alasan Persija.

“Seluruh stadion representatif yang ada di Jakarta dan sekitarnya (Gelora Bung Karno, Stadion Pakansari, Stadion Patriot) digunakan untuk Asian Games (Agustus-September),” tutur Bagus Nur Edi Wijaya membacakan isi surat dari Persija.

“Demikian pula dengan penyelenggaraan Pilkada 2018 yang berdekatan dengan jadwal pertandingan akhir Juni dan awal Juli, kami sampaikan permohonan penggunaan SSA sebagai home ground Persija,” kata Edy menjelaskan.

Sayangnya, Bagus Nur Edi Wijaya tak mengetahui rencana Persija untuk menggelar laga kandang lainnya sepanjang Juni-Agustus.

Dalam periode itu, Persija juga dijadwalkan menjamu Persib Bandung pada laga tunda pekan keenam, Sabtu (30/6/2018). Lalu, Bali United pada pekan ke-16, Selasa (17/7/2018) dan Bhayangkara FC pada pekan ke-18, Jumat (27/7/2018).

Pada Liga 1 musim ini, selain menjadi markas PS Tira, Stadion Sultan Agung juga digunakan oleh PSIS Semarang. (Muhammad Robbani)