Dua Kali Uji Coba, Timnas Putri Indonesia Siap Ladeni Thailand

Timnas Putri Indonesia dijadwalkan akan menghadapi Thailand dalam dua laga uji coba di Palembang, Sumatera Selatan. Uji coba direncanakan bakal berlangsung dua kali.

Ini jadi momen bagus bagi Timnas Putri Indonesia untuk mengasah kemampuan. Mereka ditantang untuk bisa mengalahkan teknik permainan cepat para pemain Thailand. Susi Susanti, Kapten Timnas Indonesia Puteri mengatakan, saat melawan Timnas Thailand di tahun 2011 lalu, mereka kalah telak untuk kecepatan permainan dan kesiapan pertandingan.

“Pergerakan mereka cepat sekali, kekuatannya juga sangat jauh. Selain faktor postur tubuh mereka yang tinggi, persiapan tim kita juga kurang lama,” ujarnya kepada Liputan6.com, saat Pers Konferensi Indonesia vs Thailand PSSI, di Hotel The Zuri Palembang, Sabtu (26/5/2018).

“Jadi dalam laga ini, kita akan menggunakan teknik lain, untuk menghadapi permainan cepat mereka. Mungkin teknik sliding dan passing bola ke pemain lainnya,” kata pemain kelahiran tahun 1990 ini.

Laga ini juga menjadi kali pertama dilakukan Timnas Putri Indonesia,terutama melawan Timnas Thailand. Pertandingan ini akan menjadi tolak ukur dan evaluasi mereka jelang Asian Football Federation (AFF) di bulan Juli 2018 dan Asian Games 2018 di bulan Agustus 2018.

Menurut Satia Badgja, Pelatih Timnas Putri Indonesia, ada beberapa orang pemain Timnas yang bisa bermain cepat. Namun untuk menghadapi Timnas Thailand, tidak bisa bersaing kecepatan saja.

“Kalau sama-sama bermain cepat, mereka bisa bermain setengah mati. Harus banyak pegang bola, itu yang menjadi salah satu strategi di lapangan,” katanya.

Para pemain Timnas Putri juga kebanyakan berasal dari cabor futsal. Sehingga dia harus melatih teknik dasar Sepak Bola dari awal ke para pemain.

Nuengrutai Srathonguain, pelatih Timnas Thailand mengungkapkan rasa bangganya telah diundang PSSI untuk mengikuti laga persahabatan dengan Timnas Indonesia.

“Terima kasih telah mengundang kami kesini, senang rasanya bisa bermain dan melakukan uji coba laga di Palembang. Ini jadi rangkaian persiapan kami di AFF dan Asian Games 2018 mendatang. Kami akan membawa pemain terbaik,” katanya.

Laga persahabatan ini akan digelar di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) Palembang pada hari Minggu (27/5/2018) dan di Stadion Bumi Sriwijaya Palembang, pada hari Rabu, 30 Mei 2018.

Sunisa Srangthaisong, Kapten Timnas Thailand menuturkan bahwa laga ini akan menjadi ajang uji kekuatan masing-masing tim.

“Kita punya masing-masing persiapan dan pengalaman di tiap laga. Pertandingan ini akan lebih menarik untuk sama-sama menguji kemampuan tiap tim,” katanya.

liga88
loading...