Persija Hajar Pemimpin Klasemen Persipura 2-0 di Pakansari

Tuan rumah Persija Jakarta menundukkan pemimpin klasemen sementara, Persipura, dengan skor 2-0 dalam laga pekan ke-10 Liga 1 2018 di Stadion Pakansari, Cibinong, Jawa Barat, Jumat (25/5/2018) malam. Persija kembali ke jalur kemenangan, sementara Persipura telah menelan tiga kekalahan beruntun di laga tandang mereka di Liga 1 2018.

Kedua gol dalam pertandingan tersebut dicetak oleh penyerang asal Kroasia Marko Simic di menit kedelapan, dan Novri Setiawan di menit ke-78.

Bagi Persija, ini adalah kemenangan pertama dari lima laga terakhir mereka di semua kompetisi, setelah empat pertandingan sebelumnya, masing-masing dua di Piala AFC dan di Liga 1, selalu kalah. Sementara untuk Persipura, ini merupakan kekalahan ketiga dari 10 laga Liga 1 yang sudah mereka lewati, dan ketiganya hadir di tiga laga tandang pamungkas mereka.

Adapun dalam laga di Pakansari, kedua tim tampil saling menekan sejak awal laga. Persipura mendapatkan peluang pertama di menit ketujuh melalui tendangan bebas Hilton Moreira, tetapi gagal menjadi gol karena hanya membentur mistar gawang.

Satu menit setelahnya, Persija membalas menekan dan berhasil mencetak gol perdana di laga tersebut.

Gol diawali dari pergerakan Riko Simanjuntak di sisi kanan Persija. Riko berhasil berlari lebih cepat dari bek lawan dan menyodorkan bola ke Marko Simic yang berdiri bebas. Nama terakhir pun leluasa menendang bola ke gawang Persipura dan membuat skor menjadi 1-0.

Tim Mutiara Hitam -julukan Persipura- lantas tersengat dan berusaha mencetak gol penyeimbang. Di menit ke-20, sundulan gelandang Persipura, Muhammad Tahir, melambung di atas gawang Persija yang kali ini dikawal Daryono.

Empat menit kemudian, penyerang andalan Persipura, Boaz Solossa, mendapatkan peluang emas untuk menorehkan gol. Sayang, sundulan Boci -sapaan akrab Boaz- dihalau pemain Persija persis di bibir gawang.

Persija sendiri memiliki kesempatan memperbesar skor di menit ke-43, tetapi tendangan Marko Simic berhasil diblok penjaga gawang Persipura Dede Sulaiman.

Sampai peluit tanda memasuki masa jeda dibunyikan wasit Prasetyo Hadi, tak ada gol lain tercipta dan skor pun tetap 1-0 untuk keunggulan sementara Persija.

Di babak kedua, Persija terus berupaya menambah skor, apalagi mereka bermain kandang. Memasuki tujuh menit paruh kedua, Marko Simic mendapatkan ruang tembak di jarak dekat, tetapi bola sepakannya berhasil ditangkap Dede Sulaiman.

Pada menit ke-64, giliran bek Addison Alves melewatkan kesempatan emas. Tendangannya memanfaatkan kesalahan bek Persipura, masih melebar.

Gol kedua Persija baru datang di menit ke-78. Lewat serangan balik cepat, Novri Setiawan yang menyisir dari sisi kiri sukses melewati penjagaan pemain Persipura, dan dengan tenang melesakkan bola di sela kaki kiper Dede Sulaiman untuk mengubah kedudukan menjadi 2-0.

Persipura hampir saja memperkecil kedudukan andaikan tendangan keras gelandang Prisca Elisa Womsiwor tak membentur tiang gawang di menit ke-85. Skor 2-0 tak berubah hingga laga usia dan Persija pun berhak atas tiga poin.

Berikut susunan pemain kedua tim.

Persija Jakarta: Daryono, Ismed Sofyan (kapten), Jaimerson da Silva, M. Rezaldi Hehanusa, Maman Abdurrahman, Novri Setiawan (88′ Frengki Pare Kogoya), Riko Simanjuntak, Rizky Ramdani Lestaluhu (69′ Rohit Chand), Sandi Sute, Addison Alves (81′ Asri Akbar), Marko Simic.

Cadangan: Muhammad Rizky Darmawan, Dany Saputra, Vava Mario Yagalo, Bambang Pamungkas.

Persipura: Dede Sulaiman, David Kevin (59′ Boas Atururi), Muhammad Tahir, Ricardo Salampessy, Yohanis Tjoe, Yustinus Pae, Ian Louis Kabes, Imanuel Wanggai (59′ Prisca Elisa), Boaz Solossa (kapten), Hilton Moreira, Marcel Sacramento (79′ Ronaldo Rubener).

Cadangan: Fitrul Dwi, Andi Ibo, Elisa Yahya, Gosner Papua.