Laga Kontra Persis Solo Jadi Ujian bagi Pemain Baru di Timnas U-19

Timnas Indonesia U-19 akan menantang klub Liga 2, Persis Solo pada 28 Mei mendatang di Stadion Manahan, Solo. Laga itu akan menjadi ujian khusus bagi sejumlah pemain yang baru bergabung pada pemusatan latihan kali ini.

Pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri mengatakan jika Persis Solo adalah salah satu tim kuat, terbukti saat ini tim asuhan Jafri Sastra berada di peringkat kedua wilayah barat dengan 9 poin dari lima pertandingan. 

“Kami akan uji coba dengan Persis Solo pada hari Senin mendatang. Uji coba ini sekaligus perpisahan dengan Stadion Manahan karena stadion tersebut akan direnovasi. Persis tim kuat dan bagus sebagai lawan uji coba kami, apalagi mereka sedang berkompetisi di Liga 2,” kata Indra.

Indra Sjafri berharap para pemain yang baru bergabung seperti M. Iqbal B (Ragunan), Al Risqy Dwi (Bogor FC), M Firli (Bogor FC), M Rafi Syarahil (Barito Putera), dan Gunansar Mandowen (Persipura) bisa menampilkan performa terbaik. Pasalnya, mereka akan mendapat penilaian sebagai referensi untuk menentukan apakah mereka layak masuk ke skuat Timnas U-19 atau tidak.

“Sekali uji coba saya rasa cukup karena ini baru TC tahap awal. Masih ada pemusatan latihan berikutnya. Momentum uji coba ini saya jadikan untuk melihat perkembangan pemain terutama pemain baru,” tuturnya.

“Kami harap tim Persis memberikan permainan dan tekanan yang bagus dalam laga nanti. Saya mental pemain juga akan diuji dengan bermain di hadapan suporter yang banyak pada laga nanti,” jelas pelatih yang sukses membawa Indonesia juara Piala AFF U-19 tahun 2013 ini.

Timnas U-19 terakhir kali melakukan uji coba melawan Jepang pada Minggu (25/03/18) lalu. Saat itu Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan harus mengakui keunggulan tim Samurai Biru Muda dengan skor 1-4.

Pada tahun 2018 ini, Timnas U-19 akan menghadapi turnamen Piala AFF U-19 pada 1-14 Juli dan Piala AFC U-19 pada 18 Oktober hingga 4 November. Indonesia pun menjadi tuan rumah dua ajang tersebut.