Jacksen F Tiago: Permainan Barito Putera Sangat Buruk

Pelatih Barito Putera Jacksen F Tiago tidak bisa menutup kekecewaannya atas kegagalan meraih angka penuh di kandang setelah dipaksa bermain imbang 1-1 melawan Persela Lamongan di Stadion 17 Mei Banjarmasin, Kamis (24/5) malam WIB.

Jacksen menyatakan, tim besutannya tidak memperlihatkan performa seperti biasanya. Pria asal Brasil ini melihat pemain memandang remeh Persela, sehingga membuat tim tamu bisa bergerak leluasa, dan mencetak gol.

“Jelas bukan hasil yang kami inginkan, karena kami sudah mempersiapkan diri selama sepekan untuk mendapat hasil yang lebih baik. Perubahan yang kami lakukan di babak kedua, tetap tidak membuahkan hasil,” cetus Jakcsen.

“Permainan kami sangat luar biasa buruk. Saya tidak puas dengan performa pemain. Di lima menit pertama, kami menekan terus menerus, tapi selepas itu mulai ada kelonggaran kepada Persela, sehingga mereka melakukan crossing ke pertahanan kami tanpa mendapat tekanan.”

“Kami salut kepada Persela yang pandai menunggu, dan melakukan serangan balik. Ini sebenarnya kami sudah tahu, tapi memang ada beberapa aspek yang perlu kami perbaiki.”

Jacksen menambahkan, sejak awal sudah melihat faktor mental masih menjadi kendala utama Barito Putera. Jacksen pun bertanggung jawab terhadap situasi yang dihadapi timnya, dan bekerja keras untuk memperbaiki.

“Saya melihat persoalan terbesar kami terlalu pasif di babak pertama. Seolah-olah bisa mendapatkan gol [dengan mudah], atau memenangkan laga. Kalau dalam pertandingan kami tidak menunjukkan sikap agresif, itu memberikan kesempatan kepada lawan mendapatkan kepercayaan diri untuk menekan kami,” beber Jacksen.

“Ini pelajaran yang sangat luar biasa. Saya harus segera benahi. Saya harus bisa mendapatkan pemicunya. Tugas saya sebagai pelatih adalah membuka mata pemain, sebab jalan menuju juara tidak mudah. Setiap hari kami harus melawan diri sendiri, itu musuh terbesar kami.”