Bekuk Borneo FC, Robert Alberts Sebut PSM Layak Juara Liga 1 2018

Pelatih PSM Makassar, Robert Alberts, sesumbar timnya layak disebut kandidat juara setelah menang atas Borneo FC 1-0 pada pekan kesembilan Gojek Liga 1 bersama Bukalapak di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Sabtu (19/5/2018). Menurut pelatih asal Belanda ini, PSM tampil konsisten dengan bertahan di papan atas.

“Padahal di awal musim, PSM sempat diragukan. Kami diprediksi sulit menembus lima besar. Saya bangga dan salut dengan kerja keras yang diperlihatkan pemain,” ujar Robert pada jumpa media setelah pertandingan.

Robert menyebut timya selalu diragukan bisa menang pada setiap pertandingan. “Menariknya, setiap PSM akhirnya tidak meraih poin, kritik datang bertubi-tubi ke PSM. Ini agak aneh,” terang Robert.

Maka dari itu, Robert mengucapkan terima kasih kepada pemainnya yang tetap berusaha bermain spartan meski berada dalam tekanan hebat. “Setelah laga ini, kami harus menghadapi tuan rumah Persib. Tentu tidak mudah meraih poin di Bandung. Apalagi masa recovery kami terbilang minim,” kata Robert.

Terkait penampilan PSM melawan Borneo FC, Robert mengakui skuatnya sempat kesulitan menghadapi permainan bertahan plus serangan balik yang dipergarakan dengan baik oleh lawan. “Namun, kami bermain lebih sabar dengan terus menyerang plus menunggu mereka membuat kesalahan,” papar Robert.

Robert menilai gol tunggal kemenangan PSM yang dicertak Guy Junior pada menit ke-93 adalah buah dari kesabaran para pemainnya. “Pada menit-menit akhir, saya melihat pemain Borneo mulai terlihat gugup. Mereka pun terlalu bereaksi berlebihan menyikapi keputusan wasit,” terang Robert.

Pelatih PSM Makassar ini pun enggan mengomentari kineja wasit Handri Kristanto yang dituding minor oleh kubu Borneo FC. “Yang pasti saya lihat wasit sudah berusaha memimpin dengan baik,” tegas Robert.