Terusir dari SUGBK, Kemana Persija Jakarta Akan Berlabuh?

Persija Jakarta harus mencari ‘rumah’ baru setelah tidak dapat menggunakan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) sebagai kandang. Sejauh ini belum ada kepastian soal rumah baru Persija yang akan digunakan menjalani Gojek Liga 1 bersama Bukalapak musim ini.

Macan Kemayoran dikabarkan membidik Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, sebagai markas sementara selama terusir dari SUGBK. Hanya saja, Pakansari bukan opsi satu-satunya homebase Persija Jakarta hingga September mendatang. Macan Kemayoran membuka peluang untuk kembali pulang ke kandang di musim lalu, Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi.

Pada musim ini, Persija tidak dapat menggunakan Patriot lantaran tengah dipugar untuk keperluan Asian Games 2018. Yang terdekat, Persija akan menjamu Persipura Jayapura pada 25 Mei mendatang.

“Kita punya dua opsi kalau tidak Patriot, ya di Pakansari. Pihak sana sudah welcome, dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor suda minta jaminan dari kepolisian. Kita juga sudah rapat dengan kepolisian. Kita coba,” ujar Direktur Utama Persija, I Gede Widiade.

Meski punya dua opsi, pilihan pertama Persija ialah Pakansari. Namun, Macan Kemayoran tidak menutup kemungkinan untuk kembali memakai Patriot.

Patriot merupakan homebase Persija di musim lalu. Macan Kemayoran hanya dua kali menggelar pertandingan kandang di luar Patriot. Pertama, melawan Sriwijaya FC yang digelar di Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Cikarang, Kabupaten Bekasi. Kedua, saat menjamu Persib Bandung di Stadion Manahan, Solo.

“Kalau tidak Pakansari, ya Patriot. Untuk (Patriot), tinggal menunggu lapangan ready saja,” kata Gede.

Hingga Agustus mendatang, Persija berencana memakai Pakansari untuk lima partai kandang. Lima pertandingan tersebut ialah versus Persipura Jayapura (25 Mei), PSM Makassar (6 Juli), Bali United (17 Juli), Bhayangkara FC (27 Juli), dan PSMS Medan (12 Agustus).

Saat ini, Persija Jakarta tertinggal di peringkat 10 klasemen Liga 1 sementara. Persija menunda dua laga sehingga baru menjalani enam pertandingan di Liga 1.