Piala Indonesia, Persis Solo Siapkan Talenta Muda

Piala Indonesia sudah resmi dibuka pada awal Mei lalu. Namun, hingga kini PSSI belum merilis jadwal kompetisi sepak bola yang diikuti 137 tim dari Liga 1, Liga 2 dan Liga 3.

Bergulirnya kembali Piala Indonesia setelah sempat vakum selama bertahun-tahun disambut positif oleh Pelatih Persis Solo Jafri Sastra. Pelatih yang akan menapaki usia 53 tahun pada 23 Mei mendatang itu menganggap Piala Indonesia adalah hal baru yang perlu diapresiasi oleh masyarakat dan insan sepak bola di Tanah Air.

“Di Piala Indonesia, semua klub dari level rendah hingga tinggi dilibatkan. Ada ratusan tim dengan model turnamen yang dibuat sedemikian rupa. Ini hal baru dan sangat bagus. Saya yakin Piala Indonesia akan meningkatkan gairah persepakbolaan di Tanah Air,” ujar Jafri Sastra kepada Solopos.com, Jumat (18/5/2018).

Jafri Sastra berencana menjadikan Piala Indonesia sebagai ajang pembuktian pemain muda berbakat. Dia mengakui ada beberapa pemain muda Persis Solo yang belum mendapat kesempatan bermain karena ketatnya persaingan di skuat utama.

Beberapa di antaranya penggawa Timnas U-19, Dedi Tri Maulana serta jebolan Persis Junior Ade Fanny Pratama dan Roni Saputro. Persis masih punya pemain lain yang belum merasakan atmosfer Liga 2 seperti gelandang tengah Muhammad Burhanuddin dan dua kiper Andri Prabowo dan Ade Candra.

“Ya, kami akan manfaatkan Piala Indonesia untuk pemain muda yang jarang bermain. Tapi akan kami lihat dulu lawannya siapa. Kalau lawannya Arema tentu skuat yang kami persiapkan berbeda,” seloroh Jafri.

Persis Solo menempati Zona 9 bersama dengan tujuh tim lainnya di kompetisi Piala Indonesia 2018. Persis berada satu zona dengan Arema FC, Blitar United, Persinga Ngawi, Madiun Putra, Persekam Metro Malang, PSBK Blitar dan Persega Trenggalek. Arema FC sudah melaju ke babak 64 besar setelah mengalahkan Blitar United dengan skor 2-0 pada 9 Mei lalu.

Di laga perdana, Persis akan menghadapi Persinga Ngawi. Namun, jadwal pertandingan belum dikeluarkan oleh PSSI. Bila bisa menang atas Persinga Ngawi, Persis berpeluang bertemu Arema FC di babak berikutnya.