Persib Vs PSM: Menjaga Momentum Positif

Persib Bandung menjamu PSM Makassar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, pada pekan ke 10 kompetisi Gojek Liga 1 bersama Bukalapak, Rabu malam (23/5/2018).

Pelatih fisik Yaya Sunarya, menyebutkan secara keseluruhan persiapan Persib sudah cukup untuk meladeni PSM demi meraih hasil yang maksimal.

Yaya mengungkapkan penundaan laga melawan Persebaya Surabaya pada pekan kesembilan lalu, tidak memengaruhi fisik anak asuhnya dalam masa persiapan.

“Kami memang tidak jadi melawan Persebaya, tapi kami telah mencoba memanipulasi program pada Sabtu (19/5/2018) dengan melakukan internal game untuk menggambarkan chemistry pemain dalam pertandingan, sehingga kami tetap punya tren positif, baik itu secara conditioning maupun taktik,” jelas Yaya.

Yaya menegaskan tim asuhan Robert Albert yang akan dihadapi Persib memang memiliki daya juang tinggi dalam setiap laga tandang, itulah mengapa Bojan Malisic dkk. harus lebih fokus di pertandingan malam nanti.

“Daya juang mereka memang bagus hingga menit akhir di setiap laga away, tentunya bukan hal yang mustahil saat melawan Persib nanti akan sama, sehingga kami harus benar-benar fokus, jangan sampai lengah,” kata Yaya.

Yang pasti, lanjut Yaya, semua pemain Persib yang akan diturunkan sudah tahu apa yang harus dilakukan saat berduel kontra tim berjulukan Juku Eja tersebut.

“Pokoknya tiga poin harga mati buat kami untuk pertandingan nanti. Insya Allah kami sudah siap dan semua pemain tahu apa yang harus dilakukan di lapangan,” ungkap Yaya.

Hal sama juga dimiliki PSM. Meski berstatus tim tamu, tim Juku Eja memiliki modal berharga saat meladeni tuan rumah.

Di mana pada lima partai terakhir di Liga 1 2018, mencatat hasil tiga kali menang dan dua imbang. Terakhir, skuat Robert Albert mengalahkan Borneo 1-0 FC di Stadion Andi Mattalatta, Makassar (19/5/2018).

“Momentum positif ini harus dijaga karena persaingan di Liga 1 musim terbilang ketat dengan selisih poin antarklub tidak berbeda jauh,” ujar Robert.

Menghadapi Persib, Robert melempar sinyal tidak membuat perubahan berarti pada formasi starternya seperti saat menekuk Borneo FC. Termasuk memainkan tiga pemain yang pernah merasakan gelar juara bersama Persib. Mereka adalah Ferdinand Sinaga, Abdul Rahman, dan Zulham Zamrun.

Ferdinand dan Rahman mengecap trofi juara Liga Super Indonesia 2014 bersama Persib. Sedangkan Zulham jadi pilar penting penting Maung Bandung saat menjadi kampiun Piala Presiden 2015.

Selain ketiganya, masih ada Zulkifli Syukur yang pernah memperkuat Persib. Tetapi, belakangan peran Zulkifli sebagai bek kanan diambil alih Hasim Kipuw.

Robert percaya militansi pemain andalannya itu tetap terjaga meski memiliki memori manis bersama Persib. Terutama Ferdinand Sinaga yang menjadi pemain terbaik LSI 2014 bersama Persib.

“Saya yakin dengan loyalitas Ferdinand bersama tim yang dibelanya saat ini, yakni PSM. Dia pemain profesional,” tegas Robert.

Begitu pula dengan Rahman, yang bakal berduet dengan Steven Paulle untuk menjaga gawang PSM dari serangan lini depan tuan rumah.

Seperti pada pertandingan sebelumnya, PSM tetap mengandalkan Wiljan Pluim sebagai pengatur serangan Juku Eka.

“Kondisi Willy kian membaik. Dia pasti bakal jadi sorotan pada pertandingan melawan Persib nanti. Tapi, Willy sudah tahu apa yang harus dia perbuat,” kata Robert.