Butler Sebut 2 Pemain Muda Persipura Pantas Tembus Timnas Indonesia U-19

Timnas Indonesia U-19 telah mengumumkan 28 nama yang mengikuti pemusatan latihan di Yogyakarta, 19-27 Mei nanti. Dari nama-nama tersebut, Persipura Jayapura akhirnya menyumbang dua pemain untuk skuat asuhan Indra Sjafri itu.

Kedua pemain tersebut adalah Gunansar Papua Mandowen dan Todd Rivaldo Ferre. Baik Gunansar maupun Rivaldo merupakan bagian skuat Persipura U-19 saat menjuarai Liga 1 U-19 2017 lalu.

Musim ini, mereka dipromosikan oleh pelatih anyar Persipura, Peter Butler. Sebagai pelatih Butler pun punya penilaian mengenai terpanggilnya dua pemain mudanya itu ke skuat Garuda Nusantara.

“Mereka adalah dua pemain muda yang sangat luar biasa di mata saya. Mereka adalah pemain muda paling berbakat yang pernah saya lihat selama karier sebagai pelatih,” kata arsitek asal Inggris itu kepada Bola.com, Jumat (18/5/2018).

Butler merupakan sosok yang kenyang pengalaman dalam melakukan pengembangan sepak bola anak-anak di Afrika. Tentu, ia sangat paham bagaimana memantau perkembangan pemain muda yang dimilikinya.

Sejauh ini, Gunansar sudah menbukukan lima penampilan di Gojek Liga 1 bersama Bukalapak. Sedangkan Rivaldo hanya tampil sekali saja. Akan tetapi, mereka masing-masing telah menyumbang satu gol untuk Mutiara Hitam.

Berdasarkan catatan, hanya Gunansar dan Rivaldo, pemain muda yang pernah menyumbang gol untuk Persipura. Selebihnya, para pemain senior seperti Ian Kabes, Boaz Solossa, Hilton Moreria, dan Marcel Sacramento silih berganti mencetak gol.

“Mereka sangat pantas bisa bermain untuk Timnas Indonesia U-19. Saya sudah berpengalaman mengembangkan sepak bola, dan kini Persipura punya banyak pemain muda bagus. Saya tahu waktu yang tepat untuk mengeksplorasi kemampuan pemain,” imbuh pelatih 51 tahun itu.

Meski demikian, 28 nama pemain Timnas Indonesia U-19 yang telah dirilis belum masuk skuat final yang akan berlaga di Piala AFC U-19 2018 maupun Piala AFF U-18 2018. Pengumuman skuat tim akan dilakukan jelang dihelatnya masing-masing dua turnamen itu.

loading...