Gagal ke Final Piala AFC, Ini Beberapa Catatan Pelatih Persija

Persija Jakarta gagal melaju ke final AFC Cup 2018 Zona Asia Tenggara. Mereka takluk 1-3 dari Home United, tim asal Singapura, di Jakarta, Selasa malam, sehingga secara agregat kalah 3-6.

Pelatih Stefano “Teco” Cugurra meminta maaf, tapi juga menekankan bahwa target timnya sudah terlampaui. “Sekali lagi saya minta maaf karena gagal ke final. Memang kami tersingkir dan itu membuat kami sedih tapi sekali lagi target tim di AFC sudah tercapai. Sekarang saatnya kita fokus di Liga kita punya target di sana untuk kita kejar,” kata pelatih asal Brasil ini, seperti dikutip laman Persija.

Teco juga berterima kasih kepada suporter yang memberikan dukungan maksimal di Stadion Utama Gelora Bung Karno. “Saya ucapkan terima kasih kepada Jakmania yang sudah memberikan dukungan. Sayangnya malam ini bukan milik kami. Kami memang kebobolan gol cepat namun ada penalti yang jadi polemik. Dua penalti awal memang sah penalti namun saat pemain kami dijatuhkan kembali wasit tidak bergeming,” ujar dia.

Teco meminta anak asuhnya agar bisa bangkit di laga selanjutnya. Saat ini Persija masih memiliki dua kompetisi lagi yang masih mereka ikuti. Di Liga 1 2018 mereka masih berada di peringkat delapan dengan poin 10. Di Piala Indonensia, mereka akan bertemu Persikabo Bogor di Babak 128 Besar.

Teco enggan menyalahkan pemain tertentu mengingat kekalahan Persija ini lantaran akibat kesalahan bersama. “Disini sekali lagi bukan kesalahan satu pemain saja tapi tim secara keseluruhan. Kesalahan gol di awal saya kira tim ke depannya harus fokus dan hati-hati,” kata dia.

Teco juga menyoroti konsentrasi lini pertahanan timnya yang kebobolan empat gol di 10 menit awal pada tiga pertandingan terakhir, termasuk saat dikalahkan Madura United 0-2.

“Kami kalah di tiga laga itu dan selalu kebobolan di menit-menit awal. Lini pertahanan kami kurang konsentrasi,” kata dia. “Sebelumnya juga sudah saya beritahukan ke pemain agar lebih hati-hati. Namun di lapangan apa saja bisa terjadi dan ternyata kami mengulangi kesalahan lagi.”

Faktor pengalaman juga dinilainya ikut berperan dalam kegagalan Persija. “Kami kurang pengalaman karena Persija sudah sangat lama tidak bermain di level internasional. Sementara lawan sudah berkali-kali tampil di Piala AFC,” kata Teco.

Sumber: Antara

loading...