PSSI Angkat Bicara Soal Kemungkinan Naturalisasi Eks Bintang Liverpool

Mantan pemain Liverpool, Danny Guthrie membuat heboh jagat dunia maya. Bagaimana tidak, pemain yang kini membela panji Mitra Kukar berpose dengan menggunakan jersey Timnas Indonesia dan memamerkan paspor Indonesia.

Tak pelak tingkah polanya membuat heboh terkait keinginan dirinya yang dinilai akan dinaturalisasi menjadi seorang Warga Negara Indonesia (WNI). Hal ini pun menjadi tanya besar apakah dirinya memang segera menjadi Warga Negara Indonesia.

Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria memberikan keterangan terkait kepindahan Evan Dimas dan Ilham Udin ke Liga Malaysia.

Terkait hal ini, Induk Federasi Sepakbola Indonesia (PSSI) angkat bicara. Melalui Sekretarsi Jendral (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha Destria menilai itu hak seseorang bila memang ingin menjadi WNI.

“Ya itu sah-sah saja, memang keinginan menjadi WNI didasari oleh pribadinya sendiri. Apakah dia mau dinaturalisasi atau tidak,” ucap Tisha.

Namun Tisha menegaskan bila Danny Guthrie ingin menjadi seorang WNI harus mengurusnya seorang diri. Sebab bagi Tisha, pemain berusia 31 tahun tersebut belum masuk dalam rekomendasi PSSI untuk pemain yang dinaturalisasi.

“Jika memang dia mau menjadi WNI ya harus mengurusnya sendiri. Kalau tidak salah itu semua membutuhkan waktu satu tahun,” beber dara asal Banten ini.

“Tapi yang pasti saya tidak tahu dan PSSI tidak bantu dia untuk menjadi WNI. Sepertinya juga gak ada rekomendasi untuk dia menjadi WNI. Tapi kami juga sedang mencari dokumennya siapa tahu saja keselip,” tutup Tisha.

Danny Guthrie memulai karier mudanya di awal 2000-an bersama Manchester United dan Liverpool. Ia juga berhasil masuk ke tim utama Liverpool, namun gelandang yang kini berusia 31 tahun itu hanya dimainkan tiga kali dan dipinjamkan ke Southampton dan Bolton Wanderers.

Guthrie baru bergabung bersama Mitra Kukar di awal musim 2018/19 ini. Namanya juga masuk ke dalam lima pemain asing termahal Liga 1 dengan mahar 675 ribu euro atau sekitar Rp11,5 Miliar.