Rumput Stadion Gelora Bung Karno Digulung, di Mana Laga Persija vs Persib Digelar?

Rumput Stadion Utama Gelora Bung Karno atau SUGBK akan digulung untuk persiapan menjelang pembukaan Asian Games 2018 pada 18 Agustus 2018.

Pelaksanaannya masih tiga bulan lagi, tetapi karena persiapan tersebut akan menggunakan peralatan yang beratnya berton-ton dan bisa merusak lapangan di SUGBK, rumput akan dipindahkan selama persiapan hingga upacara pembukaan berlangsung.

Persiapan penggulungan rumput SUGBK dimulai Rabu 16 Mei 2018 dini hari di bawah koordinasi Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (Inasgoc). Dengan digulungnya rumput SUGBK selama masa persiapan hingga pembukaan Asian Games, hal itu juga berdampak pada jadwal kegiatan lain di luar Asian Games, seperti Liga 1.

Persija berencana menjamu Persib pada 30 Juni 2018 mendatang yang merupakan partai tunda di SUGBK.

Sekretaris Jenderal Inasgoc Eris Herryanto dalam jumpa pers di Kantor Inasgoc, Wisma Serba Guna Senayan, Jakarta, Selasa 15 Mei 2018 mengatakan bahwa upacara pembukaan sangatlah penting dan menjadi perhatian dunia.

“Karena itu, kami menganggap upacara pembukaan sebagai kegiatan yang harus disukseskan sebaik-baiknya karena bisa memberikan gambaran bahwa Indonesia sanggup dan bisa menyelenggarakan Asian Games 2018,” ujarnya.

“Makanya, kami membuat perencanaan memindahkan rumput SUGBK. Rumput kami gulung lalu kami pasang perlengkap untuk pembukaan, setelah membukaan, rumpat kembali akan kami pasang,” tuturnya.

Direktur GBK Winarto menyatakan, selama persiapan untuk pembukaan Asian Games 2018, kemungkinan tidak ada kegiatan lain yang akan digelar di SUGBK termasuk pertandingan AFC dan Liga 1 pada 30 Juni 2018 antara Persija dengan Persib.

“Kami belum tahu 30 Juni nanti (keputusan) dari Inasgoc seperti apa. Tapi memang untuk 2018, Asian Games itu priorotas utama, yang lain di bawahnya. Namun, kalau ada celah, bisa dibongkar-pasang lagi, nanti kami atasi itu. Kalau tidak bisa, ya sudah,” ucapnya.

Dia sudah berkoordinasi terkait rencana tersebut dengan pihak Persija Jakarta yang menjadi penyewa SUGBK.