Kiper Pelapis Persija Belum Kuat Mental

Kiper pelapis Persija Jakarta, Rizky Darmawan dan Daryono, dinilai memiliki kualitas yang bagus. Namun, keduanya belum kuat mental untuk mengisi posisi Andritany Ardhiyasa yang absen akibat cedera. Terbukti, Persija mengalami tiga kekalahan berturut-turut sejak ditinggal Andritany.

Persija Jakarta dalam tren yang menurun dalam tiga pertandingan terakhir. Kalah 2-3 dari Home United di leg pertama semifinal zona ASEAN Piala AFC 2018 yang digelar di Singapura dilanjutkan dengan kekalahan 0-2 dari Madura United di kompetisi Gojek Liga 1 bersama Bukalapak, dan berlanjut dengan kekalahan 1-3 dari Home United di leg kedua semifinal zona ASEAN Piala AFC 2018. Dua kekalahan terakhir terjadi di depan The Jakmania yang hadir di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Tanpa Andritany, Rizky Darmawan mendapatkan kesempatan untuk menjadi pengganti di leg pertama semifinal zona ASEAN Piala AFC 2018. Kiper muda berusia 24 tahun itu sempat melakukan kesalahan antisipasi yang menyebabkan gawangnya kebobolan gol ketiga ketika Persija sebenarnya sudah bermain imbang 2-2. Padahal saat itu Rizky Darmawan sempat membuat beberapa penyelamatan yang cukup bagus di Singapura.

Berlanjut di leg kedua, Rizky kembali mendapatkan kesempatan dari Stefano Cugurra Teco karena Daryono mengalami cedera ketika Persija kalah 0-2 dari Madura United. Lagi-lagi salah antisipasi dilakukan Rizky yang berimbas menjadi gol pertama Home United dalam laga yang berakhir 1-3 untuk kemenangan tim tamu. Namun, dalam laga tersebut, Rizky Darmawan juga mampu menggagalkan penalti Shahril Ishak sebelum bola rebound kembali disambut pemain Home United itu untuk menjadi gol kedua.

Pelatih Persija, Stefano Cugurra Teco, mengakui potensi besar yang sebenarnya dimiliki oleh Rizky Darmawan. Namun, di saat yang sama pelatih asal Brasil itu juga harus mengakui kiper muda Persija itu belum memiliki kematangan dalam hal mentalitas.

“Rizky adalah kiper muda yang memiliki kualitas. Namun, mungkin saat ini mentalnya belum siap. Kasihan ketika bertanding di Singapura padahal ia sudah bekerja keras. Kami kalah dan dia pasti drop. Namun, ini bukan kesalahan Rizky saja, ini bukan kesalahan satu orang saja,” ujar Stefano Teco.

“Kehilangan Andritany adalah hal yang bisa terjadi dalam sepak bola. Daryono pun menjadi pengganti yang bagus ketika Persija menghadapi Madura United. Sayang ia cedera di pertandingan itu dan tak bisa ikut latihan secara penuh sebelum laga ini,” lanjutnya.

Daryono juga sebenarnya tampil sangat baik ketika Persija kalah 0-2 dari Madura United di Liga 1 2018. Saat itu, Daryono juga sempat menggagalkan penalti Fabiano Beltrame sebelum akhirnya bola rebound disambar oleh pemain bertahan Madura United itu menjadi gol pertama.

Namun, Daryono juga memperlihatkan mentalitas yang belum matang ketika Persija kalah dari Home United di SUGBK. Kiper yang duduk di bangku cadangan itu sampai terkena kartu merah dari wasit yang memimpin pertandingan karena protes keras yang dilontarkannya ketika Persija kebobolan untuk ketiga kalinya.