Prediksi Persija vs Home United: Incar Gol Cepat di SUGBK

Persija Jakarta menjamu Home United dalam laga krusial di leg kedua semifinal zona ASEAN Piala AFC 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (15/5/2018) petang. Bertanding dengan agregat 2-3 yang datang dari kekalahan di leg pertama, Persija mengincar kemenangan dengan berusaha mencetak gol cepat di depan The Jakmania.

Dengan agregat kalah 2-3 di pertandingan leg pertama, Persija sebenarnya hanya butuh kemenangan 1-0 di SUGBK. Kemenangan 2-1 pun cukup untuk membawa Persija lolos mengingat Macan Kemayoran memiliki dua gol tandang yang dicetak oleh Ramdani Lestaluhu pada leg pertama.

Pelatih Persija, Stefano Cugurra Teco, menegaskan timnya akan mengincar kemenangan untuk bisa melaju terus di Piala AFC 2018. Meski hanya butuh kemenangan 1-0, Teco pun menegaskan timnya tetap harus bekerja keras untuk bisa memastikan hal tersebut terwujud di lapangan.

“Kami pasti kerja keras dalam pertandingan ini karena ini penting bagi Persija. Saya pikir ini juga penting untuk sepak bola Indonesia yang jika ingin maju harus mulai berprestasi ketika ada tim yang bermain di level internasional,” ujar Stefano Cugurra Teco.

“Kami tahu kami harus menang di pertandingan ini, tidak boleh kalah atau imbang. Semua pemain harus semanga dan konsentrasi penuh. Kami tidak boleh kebobolan lagi di menit-menit awal, justru kami yang harus mencetak gol di menit-menit awal. Jika kami bisa mencetak gol di pertandingan ini, kami pasti bisa menang,” lanjut pelatih asal Brasil itu.

Sementara itu, kapten Persija, Ismed Sofyan, menegaskan harapannya agar The Jakmania kembali memberikan dukungan luar biasa. Menurutnya, dukungan dari para suporter adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh Persija dalam sebuah pertandingan yang penting seperti Piala AFC 2018.

“Saya berharap The Jakmania memenuhi GBK untuk mendukung kami karena Piala AFC sangat penting bagi Persija. Belum tentu pada tahun depan atau dua tahun lagi Persija bisa mengulangi prestasi tampil di kompetisi ini. Jadi ini benar-benar kesempatan bagus untuk Persija. Saya juga berharap kepada pemain yang tampil untuk memberikan kontribusi yang maksimal demi memenangi pertandingan,” tegas kapten Persija kelahiran Aceh itu.

Persija masih kehilangan Andritany dalam pertandingan ini karena cedera yang dialaminya bersama Timnas Indonesia. Selain itu, Persija juga tak bisa memainkan Daryono yang diam-diam mengalami cedera ketika Persija kalah 0-2 dari Madura United di Liga 1 2018. Momen ini menjadi kesempatan bagi Rizki Darmawan untuk membuktikan kualitasnya lagi di bawah mistar gawang Persija setelah kebobolan tiga gol di Singapura.

Namun, kali ini The Jakmania bisa sedikit lega karena dua andalan mereka di lini belakang Persija, Jaimerson da Silva dan Rezaldi Hehanussa, sudah bisa kembali bermain. Bersama Ismed Sofyan dan Maman Abdurrahman, lini pertahanan Persija akan kembali kuat. Hanya tinggal bagaimana Marko Simic, yang dibantu Riko Simanjuntak dan Novri Setiawan, mengoyak jala gawang Home United.

Sementara itu, Home United datang ke Jakarta dengan hanya membutuhkan hasil imbang untuk bisa lolos ke final zona ASEAN Piala AFC 2018. Namun, Kemenangan 3-2 atas Persija Jakarta di leg pertama menjadi dua sisi mata uang bagi Home United. Hasil imbang atau menang jelas membuat mereka pasti lolos ke final. Namun, kalah hanya 0-1 saja di SUGBK membuat mereka tersingkir.

Hal tersebut yang membuat Home United datang dengan mengupayakan kemenangan di kandang Persija yang kemungkinan besar akan kembali dihadiri lebih dari 40 ribu suporter. Meski mengakui Persija adalah tim kuat, Home United tidak ingin lempar handuk di SUGBK.

“Rencana kami datang ke sini adalah untuk menang. Kami mempersiapkan diri dengan sangat baik dan menatap pertandingan leg kedua ini dengan baik. Semoga kami pulang dengan membawa hasil yang diinginkan,” ujar pelatih Home United, Aidil Shahrin.

“Persija adalah tim kuat, mereka memiliki serangan atau permainan menyerang. Namun, kami sudah punya rencana untuk pertandingan ini yang tak bisa saya sampaikan karena itu urusan internal kami. Saya memiliki sesuatu untuk laga ini dan saya berharap hasil yang terbaik di pertandingan besok,” lanjutnya.

Satu hal yang pasti, Home United tidak akan bermain bertahan terus meski dalam kondisi unggul secara agregat. Pelatih Home United itu menegaskan ingin pemainnya tetap tampil menyerang meski bermain di depan puluhan ribu The Jakmania.

“Kami punya rencana dan sejujurnya kami tidak akan hanya bertahan. Kami akan bermain menyerang. Bagi saya kehadiran suporter yang banyak menjadi inspirasi bagi pemain. Saya merasa ini menjadi pengalaman yang bagus bagi pemain agar mereka lebih percaya diri,” tegasnya.

Prakiraan Susunan Pemain
Persija Jakarta (4-3-3): Rizki Darmawan (kiper); Ismed Sofyan, Jaimerson da Silva, Maman Abdurrahman, Rezaldi Hehanussa (belakang); Sandi Sute, Rohit Chand, Ramdani Lestaluhu (tengah); Riko Simanjuntak, Novri Setiawan, Marko Simic

Pelatih: Stefano Cugurra Teco

Home United (4-2-3-1): Rudy Khairullah (kiper); Juma’at Jantan, Abdil Qaiyyim, Shakir Hamzah, Aqhari Abdullah (belakang); Izzdin Shafiq, Anumathan Mohan Kumar, Faritz Abdul Hameed, Shahril Ishak, Fazli Ayob (tengah); Song In-young (depan)

Pelatih: Aidil Shahrin