Pemusatan Latihan Ketiga Usai, Timnas U-16 Punya Pekerjaan Rumah

Konsistensi permainan menjadi satu catatan khusus dari pelatih kepala timnas U-16, Fakhri Husaini, pada pemusatan latihan ketiga. Dalam uji coba terakhir, tim asuhannya dikalahkan seleksi Liga Topskor 0-2 di Stadion Atang Sutresna, Cijantung, Jakarta Timur, Kamis, 10 Mei 2018. Gol tim lawan dicetak Dena Raihnan dan Fredrick Rohn.

Fakhri menyatakan, secara permainan, ia senang dengan yang diperlihatkan anak-anak asuhnya. Tapi soal konsistensi masih menjadi pekerjaan rumah bagi timnya.

“Kami mampu menguasai jalannya pertandingan. Kami punya banyak peluang dan kami bertahan cukup baik. Sayang, dua peluang yang didapatkan lawan bisa menjadi gol. Itu kekurangannya. Dari hasil, tentu kami kecewa, tapi pertandingan ini menjadi pelajaran bagus untuk tim kami,” ucap Fakhri seusai pertandingan, seperti dikutip laman resmi PSSI.

Melawan tim seleksi Liga Topskor, Garuda Asia mendominasi permainan. Namun efektivitas permainan lawan harus memaksa pertandingan berakhir dengan kekalahan bagi timnas U-16. Hamsa Lestaluhu dan kawan-kawan punya pekerjaan rumah soal penyelesaian akhir.

Dalam dua kali uji coba sebelumnya, tim Garuda Asia bermain imbang 1-1 dengan PS Tira U-19 dan menang 5-2 atas Diklat Ragunan. Secara keseluruhan, Fakhri Husaini mengaku cukup puas dengan perkembangan Hamsa Lestaluhu cs.

Timnya punya enam atau tujuh peluang pada babak pertama. Sedangkan lawan hanya dengan satu tembakan bisa mendapat gol. Begitu pun pada babak kedua. “Namun itulah yang bisa terjadi dalam sepak bola. Ini tetap hasil yang bagus buat kami agar kami bisa melakukan evaluasi. Mereka menciptakan peluang dan hanya perlu memperbaiki penyelesaian akhir,” ujar pelatih berdarah Aceh itu.

Sebagai penutup pemusatan latihan bulan Mei 2018, beberapa materi sudah diberikan oleh tim pelatih. β€œItu adalah taktik melakukan transisi positif dan negatif. Mereka melakukannya dengan cukup baik,” tuturnya.

Setelah melawan tim seleksi Liga Topskor, pemusatan latihan ketiga pun berakhir. Menurut Fakhri, dia masih mencari pemain baru yang diharapkan sudah bisa dipanggil pada pemusatan latihan berikutnya pada Juni mendatang atau seusai Lebaran.

“Tadi saya melihat penjaga gawang lawan bermain dengan baik. Mungkin akan saya panggil di TC berikutnya. Kami ingin adanya kompetisi dan variasi di tim ini,” kata Fakhri.

Daftar susunan pemain timnas U-16: Ahludz Dzikri; Nadief Girasta, Surya Nata, Fadillah Nur, Yudha Febrian; Andre Oktaviansyah, M. Talaohu, Hamsa Lestaluhu; Fajar Fathurahman, Amirudin Bagus, Yadi Mulyadi.

loading...